Topic
Home / Narasi Islam / Artikel Lepas / Kenapa Kita Harus Saling Menyalahkan?

Kenapa Kita Harus Saling Menyalahkan?

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.
Ilustrasi. (visokoin.com)
Ilustrasi. (visokoin.com)

dakwatuna.com – Mereka Telah Berdakwah… Orang-orang yang dulunya tidak pernah melaksanakan shalat sekarang tidak pernah lagi meninggalkan shalatnya, bahkan ada juga yang shalat wajibnya berjamaah di masjid.

Orang-orang yang dulunya tidak pernah membaca Alquran sekarang tidak pernah lagi melewati hari tanpa ada tilawah Alquran, bahkan ada juga yang tilawahnya 1 juz perhari.

Orang-orang yang dulunya bangun pagi setelah matahari terbit sekarang sudah bangun sebelum ayam piaraannya berkokok dan melaksanakan ibadah di tengah keheningan malam.

Orang-orang yang dulunya tidak mengenal shalat sunnah sekarang tak pernah ketinggalan shalat rawatib dan dan selalu mengiringi aktivitasnya dengan shalat dhuha.

Orang-orang yang dulunya tidak pernah menyisihkan hartanya untuk berinfak sekarang sudah terbiasa berbagi dan berinfak.

Orang-orang yang dulunya tidak terbiasa dengan mengucapkan salam sekarang sudah terbiasa dengan sunnah yang mulia ini, hal sederhana yang membuka tali persaudaraan.

Di antara mereka yang berdakwah itu mungkin saja ada yang  ilmunya memang tidak sebanyak ilmu kita, hafalan Qurannya tidak sebanyak hafalan kita, hafalan Haditsnya tidak sebanyak hafalan kita, sanad keilmuannya tidak sebanyak sanad yang kita miliki. Namun, Allah berikan dia taufiq untuk mengajak orang lain kepada jalan hidayah dan mendekatkan diri kepada allah SWT, sedangkan kita?? Dengan Ilmu yang banyak, hafalan Quran dan hafalan hadits yang tidak terhitung belum mampu mengajak orang lain kepada jalan hidayah seperti yang mereka lakukan bahkan terkadang diri kta sendiri tidak bisa kita ajak.

Sebagai manusia mereka tentu tidak terlepas dari kekeliruan dan kesalahan, dan di sinilah fungsi kita sesama manusia untuk saling mengingatkan dan mengajak kepada kebaikan, bukannya salaing menyalahkan, karena ketika kita sibuk saling menyalahkan maka orang awwam yang membutuhkan arahan dan petunjuk akan menjadi bingung dan bisa saja kembali menjauh dari jalan hidayah karena ulah kita sebagai orang berilmu namun kerap saling menyalahkan sesama kita.

Redaktur: Deasy Lyna Tsuraya

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar
Mahasiswa S1 Ushuluddin Universitas Al-Azhar.~~ Alumni MA Perguruan Islam Arrisalah Padang~~Pencari Hikmah di Lautan Ilmu~~

Lihat Juga

Ada Dakwah di Dalam Film End Game?

Figure
Organization