Topic
Home / Berita / Silaturahim / RZ Bersama PGN Tanam 10.000 Batang Mangrove

RZ Bersama PGN Tanam 10.000 Batang Mangrove

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.
PT Perusahaan Gas Negara (Persero)Tbk bersama RZ (Rumah Zakat) melakukan penanaman 10000 batang mangrove di Kelurahan Belawan Sicanang, Kecamatan Medan Belawan, Kota Medan. Senin (5/10/15. (Rena/RZ).
PT Perusahaan Gas Negara (Persero)Tbk bersama RZ (Rumah Zakat) melakukan penanaman 10000 batang mangrove di Kelurahan Belawan Sicanang, Kecamatan Medan Belawan, Kota Medan. Senin (5/10/15. (Rena/RZ).

dakwatuna.com – Medan. PT Perusahaan Gas Negara (Persero)Tbk bersama RZ (Rumah Zakat) melakukan penanaman 10000 batang mangrove di Kelurahan Belawan Sicanang, Kecamatan Medan Belawan, Kota Medan. Program ini dilakukan demi menjaga ekosistem dan biota laut yang ada di daerah tersebut.

 

Data hasil pemetaan Pusat Survey Sumber Daya Alam Laut (PSSDAL)-Bakosurtanal dengan menganalisis data citra Landsat ETM (akumulasi data citra tahun 2006-2009), mengestimasi luas mangrove di Indonesia adalah 3.244.018,46 ha. Data lain dari Kementerian Kehutanan tahun 2007  juga menyatakan bahwa luas hutan mangrove Indonesia sebesar 7.758.410,595 ha.

 

“Hutan mangrove kita semakin hari semakin berkurang. Dari jumlah luas yang ada, hampir 70% nya rusak. Hal itu dikarenakan konversi lahan yang dilakukan oleh manusia terhadap areal hutan mangrove sebagai areal tambak, pertanian dan pemukiman. Selain itu juga dikarenakan pemanfaatan hutan mangrove yang tidak bertanggungjawab sebagai bahan bangunan,” papar Sabarudin, Regional Head Distribution III PT. Perusahaan Gas Negara (persero) Tbk, Senin (5/10).

 

Program ini merupakan program pelestarian lingkungan berupa budidaya mangrove dari mulai pembibitan, penanaman, serta perawatan pohon di sekitar masyarakat Belawan Sicanang. Penanamannya sendiri dilakukan secara bertahap bersama Kelompok Tani Belawan Sicanang.

 

“Mangrove merupakan tanaman pantai yang mempunyai manfaat ekologis, maupun ekonomis. Manfaat ekologis seperti pelindung garis pantai dari abrasi, mencegah intrusi air laut kedaratan dan tempat berpijah aneka biota laut. Sedangkan manfaat ekonominya sebagai penghasil bahan baku kertas, kosmetik, tekstil, pariwisata, dan komoditas perikanan (udang dan kepiting). Sungguh disayangkan jika tidak dimanfaatkan sebaik mungkin. Jadi mari kita jaga bersama kekayaan alam Indonesia yang luar biasa ini,” jelas Dika, Relawan RZ Medan. (Rena/RZ/sbb/dakwatuna)

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
Avatar

Lihat Juga

OSIS SMP Juara Pekanbaru Bersama Rumah Zakat Laksanakan Aksi Kemanusian Penggalangan Dana Untuk Suriah

Figure
Organization