Topic
Home / Berita / Internasional / Asia / Beredar Kabar 52 Jamaah Haji Indonesia Jadi Korban Tragedi Mina 2015, Benarkah?

Beredar Kabar 52 Jamaah Haji Indonesia Jadi Korban Tragedi Mina 2015, Benarkah?

Cuplikan video detik-detik pasca terjadinya tragedi Mina, Kamis (24/9/2015).
Cuplikan video detik-detik pasca terjadinya tragedi Mina, Kamis (24/9/2015).

dakwatuna.com – Di saat terjadi musibah yang menimpa jamaah haji di Mina, beredar kabar bahwa 52 jamaah haji WNI turut menjadi korban tragedi Mina 2015, Kamis (24/9/2015). Kabar yang beredar melalui berbagai layanan pesan singkat tersebut bahkan menyebutkan nama-nama korban serta asal daerahnya.

Benarkah?

Kabar berantai tersebut disebut-sebut berasal dari laman indosiar.com. Berdasarkan penelusuran redaksi dakwatuna.com, laman indosiar.com memang pernah memuat 52 WNI yang turut menjadi korban tragedi Mina pada sebuah laman berjudul “Nama-nama Korban Tragedi Mina“. Namun sayangnya laman indosiar.com tersebut tidak menyebutkan tanggal tragedi Mina yang dimaksud.

Setelah ditelusuri lebih jauh, laman pada situs nu.or.id juga memuat berita serupa dengan judul “52 Korban Haji Indonesia di Mina“. Berita pada laman situs NU Online itu menyebutkan bahwa berita diunggah pada tanggal 3 Februari tahun 2004. Isi berita pada laman NU Online tersebut sebagian besar serupa dengan yang disebutkan pada laman indosiar.com di atas.

Dengan demikian dapat dipastikan bahwa kabar yang menyebutkan terdapat 52 jamaah haji WNI yang menjadi korban pada tragedi Mina 2015 merupakan kabar palsu atau hoax. (dakwatuna/hdn)

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar

Lihat Juga

Nissa Sabyan Semakin Bersemangat Jadi Duta Kemanusiaan

Figure
Organization