Topic
Home / Berita / Silaturahim / RZ dan Forum Zakat Bangun Masjid di Tolikara

RZ dan Forum Zakat Bangun Masjid di Tolikara

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.
Pembangunan kembali masjid di Tolikara yang dibakar massa GIDI saat insiden pembubaran Shalat Idul Fitri, Jumat (17/7/15).  (Rena/RZ)
Pembangunan kembali masjid di Tolikara yang dibakar massa GIDI saat insiden pembubaran Shalat Idul Fitri, Jumat (17/7/15). (Rena/RZ)

dakwatuna.com – Papua. RZ (Rumah Zakat) bersama Forum Zakat (FOZ) seluruh Indonesia membangun masjid di Tolikara, Papua. Masjid ini dibangun bersama-sama lembaga zakat yang tergabung dalam Komite Umat untuk Tolikara (Komat) Papua dan elemen umat islam yang lainnya.

Dalam kegiatan pembangunan masjid ini, FOZ menjadi penyedia segala kebutuhan pembangunan masjid di Tolikara. Fokus utamanya adalah pembangunan Masjid Baitul Muttaqin Karubaga yang hangus terbakar. Selain masjid, 49 kios warga muslim dan 15 kios warga nonmuslim yang ikut terbakar pertengahan Juli lalu juga dibangun agar mereka tidak kehilangan tempat tinggal dan mata pencahariannya.

“Harga material di Karubaga, ibukota Tolikara sangat mahal. Satu sak semen saja sampai Rp 800 ribu. Belum pasir, besi, ongkos jalan, dan tenaga bangunan. Bisa dibayangkan, harga properti yang di Pulau Jawa senilai Rp 1 Miliar misalnya, di sana bisa menghabiskan Rp 5 miliaran,” ungkap Nur Efendi, Ketua Umum FOZ yang juga CEO RZ, Jum’at (31/7).

Meninjau mahalnya biaya pembangunan disana, FOZ berharap sinergi pendanaan dari seluruh anggotanya yaitu Lembaga Amil Zakat dan Baznas daerah, bisa menutupi ongkos pembangunan masjid tersebut. Pemerintah pusat pun telah mengucurkan dana bantuan  yang cukup besar, namun belum bisa memenuhi kebutuhan keseluruhan pembangunan karena mahalnya living cost di Tolikara.

Saat ini, anggota Forum Zakat yang sudah sampai di lokasi terdiri dari beberapa lembaga, yaitu RZ, Baitul Maal Hidayatullah, Dompet Dhuafa, dan PPPA Daarul Quraan. Lembaga lain yang telah terjun melakukan penggalangan dana dan turun ke lapangan adalah Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI) dan beberapa ormas Islam. (sbb/dakwatuna)

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
Avatar

Lihat Juga

Seminar Nasional Kemasjidan, Masjid di Era Milenial

Figure
Organization