Topic
Home / Berita / Internasional / Asia / Cina Bersiap Hadapi Topan Chan-hom

Cina Bersiap Hadapi Topan Chan-hom

Topan Chan-hom menyebabkan ombak besar di pantia provinsi Zhejiang (bbc.co.uk)
Topan Chan-hom menyebabkan ombak besar di pantia provinsi Zhejiang (bbc.co.uk)

dakwatuna.com – Cina. Lebih dari 800.000 orang telah dievakuasi dari daerah pesisir di Cina bagian timur untuk mengantisipasi terjangan topan. Topan Chan-hom diperkirakan akan memicu tanah longsor di bagian selatan Shanghai pada Sabtu (11/7/2015).

Angin kencang sudah mulai menerjang dengan kekuatan 187km/jam dan sekitar 400 penerbangan telah dibatalkan. Badai tersebut menyebabkan lima orang tewas di Filipina pada awal pekan ini. Badai yang sama juga terjadi di Taiwan dan Jepang, menyebabkan pohon tumbang dan sejumlah orang terluka.

Sebagaimana diberitakan BBC (11/7/2015), Pusat Meteorologi Nasional Cina telah memperingatkan bahwa Topan Chan-hom dapat menjadi badai terburuk yang pernah terjadi sejak 1949. Perkiraan cuaca menyebutkan topan akan menyebabkan tanah longsor di provinsi Zhejiang yang terletak dengan kota Ningbo, sebelum menuju ke Shanghai.

Pejabat di Zhejiang telah meminta hampir 29.000 kapal nelayan untuk kembali ke pelabuhan ditengah laporan gelombang tinggi yang mencapai 10 m, seperti dilaporkan oleh kantor berita Xinhua. Televisi Cina menampilkan cuplikan rekaman hujan dan badai di wilayah pesisir. (bbc/rem/dakwatuna)

Redaktur: Rio Erismen

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar
Alumnus Universitas Al-Azhar Cairo dan Institut Riset dan Studi Arab Cairo.

Lihat Juga

Manipulasi Esemka

Figure
Organization