Topic
Home / Berita / Silaturahim / RISKA Salurkan 250 Paket Sembako Untuk Warga Kampung Nelayan Cilincing

RISKA Salurkan 250 Paket Sembako Untuk Warga Kampung Nelayan Cilincing

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.
Remaja Islam Sunda Kelapa (RISKA) menggelar bakti sosial di kampung nelayan, Cilincing, Jakarta Utara. (Neneng.FF/RISKA)
Remaja Islam Sunda Kelapa (RISKA) menggelar bakti sosial di kampung nelayan, Cilincing, Jakarta Utara. (Neneng.FF/RISKA)

dakwatuna.com – Jakarta. Teriknya suasana pesisir laut Jakarta tak menyurutkan semangat pengurus Remaja Masjid Sunda Kelapa (RISKA) untuk menggelar bakti sosial di Kampung Nelayan. Sebanyak 250 warga pra sejahtera menerima paket sembako di Selasar Masjid Al-alam Jl. Cilincing Lama II RT/RW. 05/04, Cilincing, Jakarta Utara, Minggu (05/07/2015).

Bakti sosial yang dikemas dalam Anjangsana Sosial RISKA (Ansor) ini sebagai wujud kepedulian RISKA terhadap kondisi warga pra sejahtera yang mayoritas berprofesi sebagai nelayan. Ansor merupakan bagian dari acara Ramadhan Bersama RISKA (RBR) dalam bentuk bakti sosial untuk masyarakat pesisir. Kegiatan ini dilaksanakan oleh para anggota RISKA bekerjasama dengan BAZNAS, Komunitas Berbagi Nasi, Komunitas 1000  Guru, Komunitas Relawan Sahabat Daarut Tauhid, Women Preneur, dan disponsori oleh Rumah Zakat, Baitulmaal Muamalat, Majlis Taklim Telkomsel, PT. Mandom Indonesia, Mayora, dan Nestle.

Mengusung tema Jakarta Care Movement, berbagai kegiatan di gelar dalam bakti sosial ini  meliputi aspek pendidikan, ekonomi, sosial, kesehatan dan keagamaan. Selain pembagian sembako di bidang sosial, dalam bidang pendidikan disalurkan pula 1436 buku bacaan serta renovasi fasilitas Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Pemberian buku sebanyak 1436 ini terinspirasi dari Ramadhan yang menginjak tahun ke 1436 H. Kegiatan bakti sosial ini juga dimeriahkan dengan berbagai perlombaan anak-anak seperti lomba adzan dan hafalan juz amma.

Dibidang ekonomi, RISKA menggelar workshop kewirausahaan tentang bisnis plan untuk meningkatkan perekonomian warga. Dalam workshop ini, para peserta memperoleh materi mengenai pemanfaatan potensi lokal, perencanaan bisnis,  pengelolan bisnis, pemasaran serta inovasi bisnis. Selain itu, dibidang keagamaan, RISKA juga memberikan berbagai sarana dan prasarana masjid  meliputi pemberian mukena, Al-quran, sarung, sejadah, dan lemari.

Tak hanya itu, dibidang kesehatan RISKA juga menggelar pengobatan gratis meliputi pemeriksaan gula darah, tensi darah, asam urat dan kolesterol. Pengobatan gratis ini sebagai bentuk kepedulian RISKA akan kondisi kesehatan masyarakat di Kampung Nelayan yang tergolong rendah. Sebanyak 100 warga Kampung Nelayan mengikuti pengobatan ini. Puncak acara kegiatan anjangsana sosial RISKA diisi dengan Tabligh Akbar dan Buka Puasa bersama warga setempat.

Kampung Nelayan Cilincing sesungguhnya memiliki potensi yang cukup besar dalam mengolah produk-produk hasil laut. Namun, karena kurangnya perhatian pemerintah, Kampung Nelayan yang seharusnya mampu menyuguhkan panorama alam yang indah dan hasil laut yang beragam, saat ini hanya menjadi pemukiman kumuh dengan tingkat pendidikan yang rendah dari masyarakatnya.

”Melalui kegiatan anjangsana sosial RISKA diharapkan dapat membantu meningkatkan tingkat perekonomian warga. Selain itu melalui kegiatan ini, kedepannya keinginan warga untuk menyekolahkan anaknya di PAUD semakin meningkat. Kegiatan masjid pun menjadi lebih beragam dan minat warga untuk ke masjid semakin bertambah. Masjid menjadi pusat kegiatan warga. Berbagai permasalahan  di bidang ekonomi, sosial, kesehatan, pendidikan maupun keagaamaan dapat diselesaikan di masjid. Jadi, fungsi masjid bukan hanya sebagai tempat ritual ibadah saja. Kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian anak-anak muda Jakarta dalam membantu warga pra sejahtera sekaligus ajang berbagi dengan sesama di bulan yang penuh berkah. Semoga kegiatan ini memberikan banyak manfaat dan inspirasi bagi warga setempat. Harapannya kegiatan Ansor dapat menumbuhkan kepekaan sosial anggota RISKA untuk senantiasa membantu sesama secara moriil maupun materiil.” Ujar Ketua Pelaksana Anshor, Ichsan Nurdiansyah. (sbb/dakwatuna)

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar
Anggota RISKA Peduli.

Lihat Juga

Salimah Mamuju Bagi Sembako bersama YBM PLN Mamuju dan Yakesma Sulbar

Figure
Organization