Home / Berita / Daerah / Gubernur Irwan Dukung Penuh Gerakan Kewirausahaan Sumbar

Gubernur Irwan Dukung Penuh Gerakan Kewirausahaan Sumbar

Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno. (Padang Ekspres)
Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno. (Padang Ekspres)rausahabar

dakwatuna.com – Padang. Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Irwan Prayitno membuka acara Pelatihan Gerakan Kewirausahaan Nasional yang bertujuan meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (KUKM) di Sumatera Barat, Jumat (26/6).

Gubernur Irwan Prayitno mengatakan, keberhasilan dan kesuksesan seseorang itu tergantung diri sendiri, bergantung pada masyarakatnya, bukan pemerintahnya. Menurutnya, saat ini berbagai program dan bantuan telah dilaksanakan oleh pemerintah dalam meningkatkan pemberdayaan ekonomi masyarakat. Namun, kata Irwan, hal itu tidak akan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat jika masyarakat itu sendiri tidak serius dan sungguh-sungguh.

Irwan juga menambahkan, program dan kegiatan Kementerian Koperasi dan UKM RI di bidang pemberdayaan ekonomi masyarakat sangat cocok untuk warga Sumatera Barat. Karena menurut Irwan, dalam darah setiap anak orang Minang sejak lahir telah memiliki bakat wirausaha.

“Jika hari ini hanya baru 900 orang yang dilatih dan dibantu, harapannya tahun depan setidak-tidaknya 10.000 orang bisa ikut pelatihan setiap tahunnya,” lanjut Irwan, dalam siaran persnya kepada dakwatuna.com, Senin (29/6).

Budaya dan kebiasaan orang Minang, lanjut Irwan, memperlihatkan program pemberdayaan masyarakat sangat baik bagi kemajuan daerah ini terutama dalam upaya menuntaskan kemiskinan dan mengurangi pengangguran. Menurutnya, jika di provinsi lain dapat melakukan program dengan pengembangan bidang industri, dan program usaha yang membutuhkan banyak tenaga kerja, di Sumatera Barat kegiatan seperti ini tidak akan berhasil bahkan perusahaan dan usaha industri itu akan bangkut.

“Karena tipe masyarakat Sumatera Barat tidak memiliki bakat sebagai buruh atau pekerja harian, mereka lebih suka dan minat tinggi sebagai wirausaha walaupun sebagai usaha kecil dan menengah,” papar Irwan.

Pada sambutannya Irwan juga memaparkan bahwa Pemerintah Provinsi Sumatera Barat akan membantu para wirausahawan pemula yang serius dan bersungguh-sungguh dalam merintis usahanya. Dia menjelaskan, Pemerintah Provinsi akan melihat dan memberikan perhatian dan bantuan bagi usaha-usaha wirausaha yang sungguh-sungguh.

“Jika ingin bermimpi yang besar mulai usaha itu dari yang kecil, sehingga perjalanan dan ketahanan usaha itu dapat berjalan secara terukur dan teruji,” sambung Irwan.

Terkait modal, Irwan pun menambahkan, selain dapat meminta bantuan ke Pemerintah Provinsi, pihak bank pun akan mudah memberikan pinjaman ketika usaha kita sudah maju.

“Para perbankan akan mudah dan mencari kita untuk menambah modal untuk menjadi lebih besar lagi. karena itu bersungguh-sungguh lah,” ucap Irwan memotivasi.

Irwan Prayitno juga mengajak para generasi muda Sumatera Barat, untuk sedari mudanya membuka lapangan kerja sendiri dengan berwisausaha bukan dengan mencari pekerjaan.

“Jika pikiran kita hanya mencari pekerjaan semua akan terasa sempit hidup ini, karena menjadi PNS sangat kecil kesempatanya, dari data hari ini ada 40.000 orang pelamar sementara formasi yang diterima hanya 200 orang,” pungkas Irwan.

Dalam acara yang diikuti oleh 900 perserta tersebut, turut hadir pula Deputi Bidang Pengembangan SDM Kementerian Koperasi dan UKM RI, Direktur Politeknis Akademi Industri Padang, serta Kadis Koperasi dan UKM Sumatera Barat. (abr/dakwatuna)

Redaktur: Abdul Rohim

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar
Seorang suami dan ayah

Lihat Juga

Resmi, Deddy Corbuzier Ikrarkan Dua Kalimat Syahadat