Topic
Home / Konsultasi / Konsultasi Arsitektur / Bagaimana Membuat Desain Masjid Berukuran 10 x 10 m?

Bagaimana Membuat Desain Masjid Berukuran 10 x 10 m?

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.
Desain Masjid berukuran 10x10m. (andan)
Desain Masjid berukuran 10x10m. (andan)

Dakwatuna.com –

 

Pertanyaan:

Assalaamu’alaikum wrwb

Ustadz Ir. Andan Nadriasta di dakwatuna, kami  ingin membuat masjid 10 x 10 m di Sukabumi. Dana kami dapatkan dari donatur serta swadaya masyarakat. Karena standard proposal yang ada adalah bangunan masjid 10 x 10 m, maka kami harus menyesuaikan dengan data tersebut.

Bagaimana membuat desain masjid yang baik , walaupun hanya 10 x 10 m? Untuk bentuk desain nya kami serahkan kepada ustadz Andan saja. Namun kami ingin masjid tersebut kelak menjadi ikon dakwah di wilayah kampung kami.

Mohon diberi info juga mengenai biaya pembuatan desain masjid ini. Agar lebih berkah dan sama – sama bisa memberikan kontribusi yang terbaik dalam jalan dakwah ini.

Demikian pertanyaan kami, terima kasih atas tanggapannya.

Wassalaamu’alaikum wrwb

Zulfan – Sukabumi

 

Jawaban:

Wa’alaikum salam wrwb

Rekan – rekan netters dakwatuna yang saya muliakan, beserta Pak Zulfan dan tim panitia pembangunan masjid di Sukabumi, semoga silaturahim kita via internet ini diberkahi Allah. Semoga niat membangun masjid ini di berkahi Allah.

Terima kasih atas akses nya kepada kami di dakwatuna. Mohon doa agar kami dapat tetap istiqamah memberikan informasi kebaikan dan berbagi ilmu yang membawa manfaat. Hingga tabungan kebaikan kita di sisi Allah hari demi hari terus bertambah.

Pak Zulfan, memang sering kali standar dana bantuan masjid berdasarkan ukuran luas bangunan. Untuk itu saya coba padatkan kebutuhan utama masjid di dalam ukuran 10 x 10 m tersebut. Hingga masjid dapat melayani jamaah dengan optimal.

Untuk itu pola Shaff saya buat dengan ukuran 1,25 m. Hingga kita akan mendapatkan 6 Shaff dan mihrab dengan ukuran 1,25 x 3 meter. Dengan pola ini kita dapat membagi ruangan lain dengan baik dan benar. Hingga segenap ruang standar masjid dapat masuk di dalamnya.

Di area belakang saya letakkan secara bersebelahan ruang wudhu pria dan wanita beserta kamar mandi nya. Dengan fokus utama pintu masuk yang menjadi gerbang utama dan ikon tempat peletakan papan nama masjid.

Lalu di samping kiri dan kanan saya masih bisa membuat teras selebar 1,5 meter. Dengan saya teras ini masjid memiliki service area yang dapat digunakan untuk penitipan sepatu sandal saat shalat jumat. Atau bisa juga untuk ruang tunggu bagi ibu – ibu yang sedang berhalangan. Dan lain sebagainya kegiatan dakwah yang bersifat outdoor.

Di sisi mihrab saya dapat letakkan gudang dan ruang sound system. Area ini cukup luas. Hingga jika pun ingin berbagi dengan membuat ruang marbot atau dapur masih dapat kita bagi di area ini. Hingga total ukuran masjid ini tetap 10 x 10 m.

Netters sekalian, selama ini ikon masjid di kita masih berbentuk kubah. Karena ini sudah menjadi kebiasaan budaya kita. Untuk itu saya buat pola atap dengan kubah sentral di tengah. Lalu di ujung nya ada 4 kubah kecil yang menjadi pendukung tambahan view masjid.

Untuk pencahayaan dan sistem hawa saya banyak menggunakan glass block dan lubang angin. Hingga masjid ini tetap terang dan sejuk. Walaupun orang banyak memenuhi segenap isi ruang. Hingga listrik hemat dan jamaah nyaman.

Pak Zulfan, untuk biaya desain bisa kita bicarakan via email. Karena prinsipnya saya juga ingin membantu. Hingga standar fee desain yang ada bisa disesuaikan dengan dana yang ada.

Alhamdulillah, selesai sudah desain masjid kita kali ini. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Semoga kelak kita pun akan dibangunkan oleh Allah rumah yang indah di surga kelak. Sesuai dengan hadits ini :

Nabi  sallallahu’alaihi wa sallam bersabda:

مَنْ بَنَى مَسْجِدًا بَنَى اللَّهُ لَهُ مِثْلَهُ فِي الْجَنَّةِ  (رواه البخاري، رقم 450،  ومسلم، رقم 533، من حديث عثمان رضي الله عنه)

“Barangsiapa yang membangun masjid, maka Allah akan bangunkan baginya semisalnya di surga.” (HR. Bukhari, 450 dan Muslim, 533 dari Hadits Utsman radhiallahu’anhu)

Akhirul kalam,

Wassalaamu’alaikum wrwb

Ir. Andan Nadriasta

Kirimkan email pertanyaan /order desain/pelaksanaan ke : [email protected]

zulfan - masjid denah 10 x 10 m dakwatunazulfan - masjid view 5 dakwatunazulfan - masjid view 7 dakwatunazulfan - masjid view 1 dakwatunazulfan - masjid view 2 dakwatunazulfan - masjid view 4 dakwatunazulfan - masjid view 5 dakwatunazulfan - masjid view 6 dakwatuna

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (2 votes, average: 4,00 out of 5)
Loading...
Andan Nadriasta, ST
Lulusan Teknik Arsitektur angkatan 90 Univ. Pancasila. Bisa dihubungi di 0817-496-5742. Aktif menulis di media tahun 99. Sebagai pengisi rubrik griya di koran Republika. Sebelumnya sempat aktif di Tabloid Nova. Membantu pembuatan desain rumah tinggal yang di asuh oleh Ir. Nurhadi. Andan Nadriasta diambil dari bahasa sansekerta. Artinya adalah 'tangan yang berkarya'. Doa dari orang tua tersebut mengiringi segenap kegiatan dalam berkarya membuat disain rumah tinggal yang islami. Serta berdakwah di lingkungan sekitar hingga daerah yang dikunjungi.

Lihat Juga

Seminar Nasional Kemasjidan, Masjid di Era Milenial

Figure
Organization