Topic
Home / Konsultasi / Konsultasi Arsitektur / Bagaimana Desain Arsitektur Masjid 3 Kubah yang Terletak di Pinggir Jalan?

Bagaimana Desain Arsitektur Masjid 3 Kubah yang Terletak di Pinggir Jalan?

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.

indri DESAIN 4 masjid view 17

dakwatuna.com – 

 

Pertanyaan:

Assalaamu’alaikum wrwb

Pak Andan di dakwatuna.com , kami adalah sebuah yayasan yang menaungi kegiatan pendidikan SMK Bina Karya di Bulak Kapal Bekasi. Yayasan memiliki tanah di pinggir jalan yang rencananya akan kami wakaf kan.

Bentuk tanah letter L, 200 meter2 ada di pinggir jalan dan 500 m2 ada di belakangnya. Karena di wilayah sekitar tidak ada masjid besar dan di sebelah kami adalah rumah sakit, maka dengan adanya masjid yang dapat menaungi kegiatan ibadah masyarakat dan murid SMK Bina Karya akan semakin membuat syiar dakwah semakin luas.

Kami mohon dibuatkan desain masjid 2 lantai di tanah 200 m2 tersebut. Lantai bawah akan digunakan sebagai ruang serba guna dan lantai atas masjid. Sementara tanah 500 m2 akan kami gunakan kelak secara multi  fungsi. Untuk parkir, kantor yayasan dan rencana pengembangan lainnya.

Untuk desain arsitektur nya dan konsep kegiatan dakwah nya saat nanti masjid sudah terbangun kami serahkan ke Pak Andan yang lebih paham akan bangunan dan aktivitas dakwah.

Demikian pertanyaan kami, terima kasih pula kepada redaksi dakwatuna.com yang telah membantu kami memfasilitasi desain masjid ini.

Wassalaamu’alaikum wrwb

Dewi Indria – Kepala Sekolah SMK Bina Karya  – Bekasi

 

Jawaban:

Wa’alaikum salam wrwb

Ibu Dewi Indria di Bulak Kapal – Bekasi dan segenap netters dakwatuna.com , Alhamdulillah melalui media maya ini kita dapat bersilaturahim. Saling membagi ilmu dan wawasan. Segala puji bagi Allah yang telah memberikan saya karunia ilmu arsitektur, hingga dengannya pula saya dapat berdakwah melalui desain – desain islami.

Bu Indria, semoga tanah yang di wakaf kan membawa keberkahan bagi SMK Bina Karya dan juga masyarakat Bulak Kapal dan sekitarnya. Semoga dapat juga menjadi motor penggerak dakwah yang rahmatan lil ‘alamin.

Setelah saya perhatikan pola tanahnya, memang idealnya masjid ada di tanah 200 m2, karena ia persis berada di pinggir jalan. Namun tanah ini bentuknya memanjang, hingga saya harus ekstra ketat mengatur ruangnya agar tidak nampak seperti lorong gerbong yang sempit.

Untuk itulah saya buat membuat pola pintu masuk ada di samping dan sisi jalan besar. Hingga kesan sempit akan hilang. Lalu teras di lantai satu dan balkon di lantai dua juga membuat kesan longgar. Di tambah pola pemisahan tangga naik pria dan wanita membuat tanah yang terasa sempit ini menjadi lapang dan nyaman.

Pola kubah saya buat dengan 3 tipe. Kubah menara sebagai pengeras suara dan ‘eye catching’ yang akan menjadi ikon masjid. Lalu kubah utama di tengah sebagai pemersatu ruang dan akan membuat pola interior terasa lapang. Dan kubah di gerbang utama masjid yang akan ditangkap oleh mata jamaah shalat saat mereka memasuki Masjid SMK Bina Karya ini.

Untuk area parkir memang terbatas, karena saya hanya menyisakan sekitar 3 mobil di depan gerbang masjid. Selebihnya dapat menggunakan tanah seluas 500 m2 di belakangnya. Karena masjid dengan daya tampung 150 orang di aula serba guna dan 150 orang di shaf lantai atas akan penuh sesak jika shalat Jumat dan bulan puasa.

Bu Indri, untuk kegiatan khutbah Jum’at dan kajian keislaman kita dapat bekerja sama dengan lembaga dakwah yang ada di sekitar Bekasi. Saya merekomendasikan Muntada Ahlil Qur’an yang di pimpin oleh Ust. Taufik Hamim, Lc. Karena wilayah nya di sekitar Bekasi dan masjid saya di Pondok Gede juga menggunakan Muntada. Silahkan di cek link lembaga dakwah ini :

http://muntadaquran.com

Alhamdulillah, selesai sudah desain masjid kita kali ini. Semoga desain ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Semoga dakwatuna.com dapat tetap istiqamah berdakwah di layar maya ini. Dan semoga SMK Bina Karya dapat sukses menjalankan kegiatan dakwah di Bulak Kapal – Bekasi.

Akhirul kalam,

Wassalaamu’alaikum wrwb

 

Andan Nadriasta, ST

Kirimkan email pertanyaan /order desain/pelaksanaan ke : [email protected]

indri desain 4 ..denah LT dasar CADindri desain 4 ..denah LT atas CADindri DESAIN 4 masjid view 15indri DESAIN 4 masjid view 3indri DESAIN 4 masjid view 2indri DESAIN 4 masjid view 1indri DESAIN 4 masjid view 16indri DESAIN 4 masjid view 17

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
Andan Nadriasta, ST
Lulusan Teknik Arsitektur angkatan 90 Univ. Pancasila. Bisa dihubungi di 0817-496-5742. Aktif menulis di media tahun 99. Sebagai pengisi rubrik griya di koran Republika. Sebelumnya sempat aktif di Tabloid Nova. Membantu pembuatan desain rumah tinggal yang di asuh oleh Ir. Nurhadi. Andan Nadriasta diambil dari bahasa sansekerta. Artinya adalah 'tangan yang berkarya'. Doa dari orang tua tersebut mengiringi segenap kegiatan dalam berkarya membuat disain rumah tinggal yang islami. Serta berdakwah di lingkungan sekitar hingga daerah yang dikunjungi.

Lihat Juga

Seminar Nasional Kemasjidan, Masjid di Era Milenial

Figure
Organization