Topic
Home / Berita / Agenda Umat / Agenda Pra-Ramadhan, Ramadhan Fair UPI 2015

Agenda Pra-Ramadhan, Ramadhan Fair UPI 2015

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.

agenda-umat-agenda-pra-ramadhan-ramadhan-fair-upi-2015

Rangkaian Agenda Pra Ramadhan LDK UKDM UPI

dakwatuna.com – Jumat (22/5/2015) lalu, kampus UPI sudah disemarakan oleh Tarhib menyambut Ramadhan yang digelar oleh Lembaga Dakwah Kampus Unit Kegiatan Dakwah Mahasiswa (LDK UKDM). Namun, pagelaran tersebut bukan akhir dari acara pra-event menyambut datangnya bulan Ramadhan, melainkan acara pembuka untuk rangkaian acara pra Ramadhan selanjutnya. Tiga rangkaian acara selanjutnya akan diadakan pekan ini. Tentunya dengan kegiatan yang tidak kalah menarik dan Insya Allah akan bermanfaat untuk kita semua. Semua rangkaian acara akan menambah bekal kita untuk semakin memantapkan diri menyambut datangnya bulan suci yang dinanti.

Rangkaian acara pertama yang akan dilaksanakan adalah Opening “Ngabuburit”. Pelaksanaan acara bertepatan dengan hari dimana umat muslim biasa melaksanakan puasa  sunah, yaitu hari Kamis (28/5/2015) pukul 17.00 WIB sampai selesai. Lokasi acara bertempat di Taman Bareti UPI. Sambil menikmati suasana sore di taman, para peserta akan diajak untuk sharing mengenai kegiatan-kegiatan bermanfaat yang dapat digunakan untuk menunggu waktu berbuka. Selain itu, para peserta juga akan melaksanakan ngaos atau mengaji Al-Qur’an bersama-sama. Tentunya akan menimbulkan nuansa ketenangan yang berbeda dan merekatkan ukhuwah ketika bersama-sama membaca Kalam Allah di tengah rindangnya taman bareti. Acara akan diakhiri dengan buka shaum bersama-sama. Indah bukan? Kita dapat merasakan nuansa Ramadhan lebih awal sehingga membuat hati semakin tidak sabar menanti datangnya Ramadhan. Info acara ini dapat menghubungi CP: 089689091891 (Asep Ahid) dan 085720260082 (Riandini)

Keesokan harinya, pada hari Jumat (29/5/2015) sudah menanti acara yang tidak kalah menarik. Seperti yang kita ketahui berdasarkan hasil penelitian, puasa sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Tubuh akan lebih teratur dalam menerima makanan dan mengurangi asupan berlebih yang akan merusak tubuh. Hal tersebut juga terdapat dalam sebuah riwayat hadits yaitu: “Berpuasalah maka kamu akan sehat” (HR. Ibnu Suny dan Abu Nu’aim ). Agar dapat mengetahui manfaat puasa untuk kesehatan secara lebih mendalam, maka pada hari Jumat tersebut akan diadakan acara seminar kesehatan yang dilaksanakan di Gedung Geugeut Winda (PKM) lantai 1, pukul 15.45 sampai dengan selesai. Pemateri seminar merupakan sosok yang luar biasa, yaitu Muhammad Tanri Arrizasyifaa. Beliau merupakan Dokter, CEO PT. Karya Medika Indonesia, dan Medical Supervisor PT. Dianka Janella Asthalia. Melihat pengalaman beliau yang luar biasa seperti itu, maka dapat dipastikan bahwa seminar kesehatan tersebut akan sangat menarik karena langsung mendatangkan pakarnya. Info acara lebih lanjut dapat menghubugi CP: 089639344346 (Ghufron)

Semua rangkaian acara pra-event Ramadhan ini pada akhirnya bertujuan untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi Ramadhan dengan lebih baik. Oleh karena itu,  untuk menutup rangkaian acara pra-event akan diadakan bedah buku mengenai “Panduan Ibadah Ramadhan”, yang dilaksanakan pada hari Sabtu (30/5/2015) pukul 15.45 sampai dengan selesai. Acara penutup pra-event ini akan dilaksanakan di Gedung Geugeut Winda (PKM) lantai 1. Penulis buku tersebut yang akan menjadi pemateri acara ini adalah Ust. Cahyadi Takariawan. Bedah buku ini dimaksudkan agar Ramadhan nanti dapat diisi dengan kegiatan yang membuat bulan Ramadhan lebih bermakna. CP kegiatan dapat menghubungi 081931399344 (Adlina).

Kegiatan-kegiatan yang diadakan tidak dikenakan biaya apapun dan terbuka untuk umum. Semua kegiatan diharapkan dapat menjadi ladang ilmu yang bermanfaat untuk bekal kita menghadapi bulan yang penuh berkah. Imam Al Ghazali pernah berkata,” bersungguh-sungguhlah engkau dalam menuntut ilmu, jauhilah kemalasan dan kebosanan karena jika tidak demikian engkau akan berada dalam bahaya kesesatan.” Dari perkataan Imam Al Ghazali tersebut dapat dimaknai bahwa ilmu dapat menjauhkan kita dari bahaya kesesatan, namun seringkali kita dihadapkan pada kemalasan dan kebosanan ketika menuntut ilmu. Semoga kita termasuk golongan yang senantiasa mampu melawan godaan tersebut sehingga langkah kita senantiasa dimudahkan untuk mengikuti kegiatan-kegiatan yang akan menambah pemahaman dan pengalaman kita. (RS)

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar
Mahasiswi S-1 di Universitas Pendidikan Indonesia angkatan 2013. Mengambil pilihan jurusan Pendidikan Kewarganegaraan. Saat ini sedang menempuh studi di tingkat 2. Penulis merupakan anggota DPM Himpunan Mahasiswa Civics Hukum (HMCH), crew bidang marketing di Unit Pers dan Penerbitan HMCH dan staff buletin di Lembaga Dakwah Kampus Unit Kegiatan Dakwah Mahasiswa (LDK UKDM) UPI.

Lihat Juga

Sambut Ramadhan dengan Belajar Quran Bersama BisaQuran

Figure
Organization