Topic
Home / Berita / Internasional / Amerika / Semua Menteri Chile Diminta Mundur oleh Presidennya

Semua Menteri Chile Diminta Mundur oleh Presidennya

Presiden Chile, Michelle Bachelet (bbc.co.uk)
Presiden Chile, Michelle Bachelet (bbc.co.uk)

dakwatuna.com – Chile. Presiden Chile, Michelle Bachelet, mengatakan ia telah meminta semua menterinya untuk mengundurkan diri dan akan memilih kabinet baru dalam 72 jam berikutnya, sebagaimana diberitakan BBC (7/5/2015).

Dalam sebuah wawancara dengan saluran televisi Chile, Canal 13, Bachelet mengatakan perubahan itu diperlukan guna menggalakkan reformasi. Dalam jajak pendapat baru-baru ini, dukungan terhadap Presiden Bachelet merosot di tengah serangkaian skandal politik.

Pada bulan Februari 2015 putranya mengundurkan diri sebagai ketua sebuah lembaga amal pemerintah atas tuduhan penyalahgunaan pengaruh. Menurut wartawan BBC di Santiago, langkah itu tak pernah terjadi sebelumnya dalam sejarah Chili selama ini.

Perombakan kabinet adalah hal umum, tapi bahwa seorang presiden membubarkan seluruh kabinetnya, itu menunjukkan adanya tekanan dari krisis yang ia hadapi.

“Beberapa jam yang lalu saya meminta pengunduran diri semua menteri, dan dalam waktu 72 jam saya untuk memutuskan siapa yang akan tinggal dan siapa yang akan pergi. Ini adalah waktu untuk perubahan kabinet,” kata Bachelet.

Putra Bachelet, Sebastian Davalos, dituding oposisi menggunakan pengaruhnya untuk mendapatkan pinjaman bank dalam jumlah besar untuk istrinya. Meski regulator perbankan nasional Chile telah membebaskan dirinya dari segala kesalahan, masalah tersebut terlanjur berkembang menjadi isu liar yang memojokkannya.

Bachelet selalu membela diri bahwa ia tidak mengetahui masalah ini, namun dalam sebuah wawancara televisi pada Rabu malam ia mengakui bahwa ia telah membuat “kesalahan penting” tidak kembali dari liburan atau segera mengomentari kasus ini.

Sejumlah wartawan mengatakan kepercayaan para politisi Chile dan elit bisnis juga telah terkikis oleh skandal pendanaan kampanye yang melibatkan politisi sayap kanan dan perusahaan keuangan terkemuka. (bbc/rem/dakwatuna)

Redaktur: Rio Erismen

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (2 votes, average: 0,00 out of 5)
Loading...

Tentang

Avatar
Alumnus Universitas Al-Azhar Cairo dan Institut Riset dan Studi Arab Cairo.

Lihat Juga

Georgia: Turki Persembahkan yang Terbaik Demi Stabilitas Kawasan

Figure
Organization