Topic
Home / Berita / Internasional / Eropa / Wabah Bakteri Kebal Antibiotik Bisa Tewaskan Puluhan Ribu Orang

Wabah Bakteri Kebal Antibiotik Bisa Tewaskan Puluhan Ribu Orang

Bakteri kebal antibiotik diperkirakan meningkat (BBC)
Bakteri kebal antibiotik diperkirakan meningkat (BBC)

dakwatuna.com – Inggris. Sekitar 80 ribu orang amat mungkin meninggal dunia jika terdapat wabah infeksi darah yang disebabkan bakteri kebal antibiotik, sebut laporan pemerintah Inggris, sebagaimana dilansir BBC (6/4/2015).

Berdasarkan dokumen yang diterbitkan Badan Risiko Darurat Sipil, wabah tersebut diperkirakan akan menjangkiti 200 ribu orang, sebanyak dua di antara lima orang bakal meninggal dunia.

“Jika wabah menyebar luas, kami memprediksi sekitar 200 ribu orang akan terdampak infeksi darah yang disebabkan bakteri. Penyakit itu tidak bisa ditangani secara efektif oleh obat-obatan yang ada dan sekitar 80 ribu orang akan meninggal”, ungkap laporan itu.

Laporan tersebut juga menyatakan bahwa jumlah kasus infeksi yang mengalami komplikasi akibat kekebalan antibiotik diperkirakan bertambah secara signifikan dalam 20 tahun mendatang.

‘Tanpa antibiotik yang efektif, operasi kecil dan operasi rutin dapat menjadi prosedur yang sangat berisiko. Tindakan itu bisa berimbas pada peningkatan durasi sakit dan berujung pada kematian dini’, jelas laporan itu, seraya merujuk ke transplantasi organ, operasi wasir, dan pengobatan kanker.

Perdana Menteri Inggris David Cameron sebelumnya memperingatkan bahwa dunia bisa kembali ke obat-obatan jaman pertengahan apabila tiada aksi yang dilakoni untuk menangani kekebalan antibiotik.

Pejabat kesehatan Inggris, Sally Davies, mengatakan masalah kekebalan antibiotik ialah bom waktu yang sedang berdetik.

Penggunaan antibiotik di Inggris saat ini sedang disoroti dan Institut Kesehatan Nasional baru-baru ini menyeru kepada seluruh dokter di Britania Raya untuk mempertanyakan kolega mereka yang biasa memberi resep antibiotik secara berlebihan. (bbc/rem/dakwatuna)

Redaktur: Rio Erismen

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar
Alumnus Universitas Al-Azhar Cairo dan Institut Riset dan Studi Arab Cairo.

Lihat Juga

Inggris Kecam Rencana Pencaplokan Tepi Barat oleh Israel

Organization