Home / Berita / Internasional / Eropa / Kenalkan Islam, Radio Finlandia Akan Siarkan Serial Pembacaan Alquran Selama 60 Episode

Kenalkan Islam, Radio Finlandia Akan Siarkan Serial Pembacaan Alquran Selama 60 Episode

ilustrasi - (mediaislamia.com)
ilustrasi – (mediaislamia.com)

dakwatuna.com – Stasiun radio nasional Finlandia, Yle, akan menyiarkan serial pembacaan Alquran sebagai bagian untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat negara Skandinavia itu mengenai Islam dan budaya Muslim.

Pembacaan kitab suci tersebut akan dibagi menjadi 60 episode. Adapun durasi setiap episode berkisar 30 menit.

Siaran yang akan dimulai pada 7 Maret mendatang itu tidak hanya memperdengarkan pembacaan Alquran, tapi juga diskusi antara pemimpin komunitas Muslim Finlandia, Imam Anas Hajjar, dan Profesor Jaakko Hameen-Anttila selaku penerjemah bahasa Arab ke bahasa Finlandia.

“Imam Hajjar akan membacakan makna praktis dan kontemporer dalam ayat-ayat Quran, sedangkan saya akan membahas makna sejarah pada masa Quran diturunkan,” kata Professor Jaakko Hameen-Anttila.

Pembacaan Quran, menurut sang profesor, amat penting dilakukan dari awal hingga akhir, alih-alih memilih ayat-ayat tertentu. “Semua materi teks disediakan sehingga para pendengar bisa menilai sendiri,” ujarnya.

Dari 60 episode yang bakal disiarkan, kedua pria itu akan membahas antara lain surga neraka menurut Quran. Lalu, turut pula didiskusikan peranan setan, sikap pria tatkala berada di antara sekumpulan perempuan, dan ayat An-Nur.

Stasiun radio Yle mengatakan pembacaan Quran sengaja disiarkan agar publik Finlandia dapat memahami Islam.

“Program ini adalah langkah penting untuk memahami satu sama lain. Ini adalah upaya untuk memaparkan isi Quran,” sebut pernyataan resmi Yle.

Jumlah penduduk beragama Islam di Finlandia diperkirakan mencapai 60.000 orang dari total populasi sebesar 5,4 juta orang. (tribunnews/sbb/dakwatuna)

 

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Saiful Bahri
Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Olah Raga. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.

Lihat Juga

Askar Kauny Membumikan Hafalan Alquran Juz 29 Serentak Sedunia

Organization