Home / Berita / Internasional / Asia / Ribuan Uang Emas Dinasti Fathimiyah Ditemukan Israel di Laut Mediterania

Ribuan Uang Emas Dinasti Fathimiyah Ditemukan Israel di Laut Mediterania

Uang emas ini tetap bersinar meskipun belum dibersihkan sejak diangkat dari dasar laut (bbc.co.uk)
Uang emas ini tetap bersinar meskipun belum dibersihkan sejak diangkat dari dasar laut (bbc.co.uk)

dakwatuna.com – Palestina. Sekelompok penyelam tanpa sengaja menemukan tumpukan uang logam emas di pesisir Mediterania, atau Laut Tengah, dekat negara penjajah Israel, sebagaimana diberitakan BBC (19/2/2015).

Menurut Otoritas Benda Purbakala Israel, sekitar 2.000 koin yang berumur lebih dari 1.000 tahun ditemukan di dasar laut oleh sejumlah anggota sebuah klub menyelam.

Awalnya, para penyelam mengira uang logam itu hanya mainan sebelum menyadari besarnya nilai temuan itu. Israel mengatakan temuan itu “sangat berharga dan tidak ternilai.”

Para penyelam sedang mengeksplorasi sebuah dermaga kuno di Caesarea ketika mereka menemukan koin emas itu. Mereka mengumpulkan beberapa uang logam dan segera kembali ke permukaan untuk memberitahu direktur klub selam.

Para pakar Israel yang dipanggil ke lokasi menemukan “hampir 2.000 koin dalam nilai yang berbeda-beda.” Koin itu dikeluarkan oleh Kekhalifahan Fatimiyah, semasa Khalifah al-Hakim, yang menguasai sebagian besar Timur Tengah dan Afrika Utara dari tahun 909 hingga 1171. (bbc/rem/dakwatuna)

Redaktur: Rio Erismen

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar
Alumnus Universitas Al-Azhar Cairo dan Institut Riset dan Studi Arab Cairo.

Lihat Juga

Palestina Tolak Rekonsiliasi Tanpa Kemerdekaan

Figure
Organization