Home / Berita / Daerah / Tekan Angka Kecelakaan, Gubernur Irwan Canangkan 5 Pilar Keselamatan

Tekan Angka Kecelakaan, Gubernur Irwan Canangkan 5 Pilar Keselamatan

pencanangan 5 pilar program dekade aksi keselamatan lalu lintas dan jalan. dilaksanakan di Auditorium Gubernuran, Senin (16/2). (IST)
pencanangan 5 pilar program dekade aksi keselamatan lalu lintas dan jalan. dilaksanakan di Auditorium Gubernuran, Senin (16/2). (IST)

dakwatuna.com – Padang. Menyusul masih tingginya angka kecelakaan lalu lintas di Sumatera Barat (Sumbar), Pemerintah Provinsi Sumatera Barat melalui Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika bersama Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan menggelar pencanangan 5 pilar program dekade aksi keselamatan lalu lintas dan jalan. Pencanganan tersebut dilaksanakan di Auditorium Gubernuran, Senin (16/2).

“Lima pilar keselamatan itu yakni Manajemen Keselamatan Jalan, Jalan yang Berkeselamatan, Kendaraan yang Berkeselamatan, Perilaku Pengguna Jalan yang Berkeselamatan dan Penanganan Pra dan Pasca Kecelakaan,” kata Gubernur Sumbar Irwan Prayitno.

Gubernur yang juga kader Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini menuturkan, sepanjang tahun 2014 tercatat 530 korban meninggal dunia akibat kecelakaan lalu lintas. Korban kecelakaan, lanjuta Irwan, didominasi oleh pengendara sepeda motor yang mencapai 80 persen, sedangkan 20 persen sisanya merupakan penumpang mobil.

Irwan juga mengatakan, angka kasus kecelakaan dan korban jiwa sudah mengalami penurunan dibanding tahun 2013. Kendati demikian, upaya menekan jatuhnya korban jiwa akibat kecelakaan lalu lintas harus terus dilakukan.

Lebih lanjut Irwan menjelaskan, bahwa kecelakaan yang terjadi lebih disebabkan oleh kelalaian pengendara. “Sekarang bisa kita lihat bahwa banyak sekali pengendara bermotor yang lalai dalam berkendaraan, mulai dari tidak memakai helm sesuai standar, ngebut-ngebutan dijalanan, serta tidak mematuhi rambu-rambu yang ada dijalan,” ucapnya.

Dengan hal tersebut, Irwan berharap dengan diselenggarakannya kegiatan ini, akan berdampak kepada pengurangan angka resiko kecelakaan yang ada disumbar.

“Saya berharap terciptanya kerjasama yang lebih baik lagi diantara 5 pilar tersebut, dan memberikan sosialisasi melalui media ataupun langsung ke masyarakat, sehingga apa yang menjadi tujuan kita bersama dapat tercapai,” harapnya.

Pencanangan 5 pilar program dekade aksi keselamatan lalu lintas dan jalan ditandai dengan pemukulan gong oleh Gubernur, kemudian dilanjutkan dengan penyerahan penghargaan kepada instansi, lembaga, media dan perusahaan yang peduli terhadap keselamatan lalu lintas dan jalan, yakni Dinas Perhubungan Pessel, Dinas Kesehatan Pessel, PT. Blue Bird Cabang padang, Sat Lantas Tanah Datar dan Radio Classy FM.

Turut hadir dalam acara ini, Forkopimda Sumbar, Ketua DPD Organda Sumbar serta Kepala SKPD Provinsi terkait. (abr/dakwatuna)

Redaktur: Abdul Rohim

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Seorang suami dan ayah

Lihat Juga

‘Runtuhnya Barat di Depan Mata’

Organization