Topic
Home / Berita / Nasional / Black Box AirAsia QZ8501 Berhasil Dideteksi

Black Box AirAsia QZ8501 Berhasil Dideteksi

Ilustrasi - Pesawat Air Asia. (wikipedia)
Ilustrasi – Pesawat Air Asia. (wikipedia)

dakwatuna.com – Pangkalan Bun. Tim SAR gabungan berhasil mendeteksi sinyal black box pesawat AirAsia QZ8501. Ini diungkapkan oleh Direktur Operasi dan Latihan Badan SAR Nasional (Basarnas) SB Supriyadi. Dia menambahkan, saat ini tim sedang mengerahkan robotik kamera bawah laut untuk membuktikan sinyal tersebut.

“Titik koordinat dan kapal apa yang mendeteksi ekor pesawat itu, saya tidak tahu, karena langsung dilaporkan ke Pusat. Informasinya saat ini sedang dalam proses memastikan,” katanya di Lanud Iskandar Pangkalan Bun, seperti yang dilansir dari InilahCom, Rabu (7/1).

Tim SAR, lanjut Supriyadi, akan melakukan penyelaman untuk melihat besar objek dan langkah-langkah mengangkat dari dasar laut. “Ini apabila deteksi ekor pesawat AirAsia tersebut benar,” ujarnya.

Lebih lanjut Supriyadi mengemukakan, langkah utama yang akan dilakukan Tim SAR adalah mengangkat kotak hitam dan recorder pesawat AirAsia sebagai bahan investigasi penyebab jatuhnya.

“Mengenai benda yang berhasil ditemukan dan diangkut tersebut nantinya diserahkan ke KNKT. Jadi, lokasi nantinya puing-puing itu apakah di Pangkalan Bun atau Surabaya tergantung KNKT. Tapi kemungkinan besar dibawa ke Jakarta,” tuturnya.

Pada pencarian hari ke-11 ini, masih kata Supriyadi, telah ditemukan 41 jenazah korban AirAsia QZ 8501, 39 di antaranya telah dibawa ke Surabaya. Dia memprediksi 50 persen penumpang AirAsia masih berada di badan pesawat, sehingga tidak hanya ekor yang menjadi prioritas melainkan badan pesawat.

“Dua jenazah terbaru ditemukan nelayan yang beraktivitas di laut Kalimantan. Super Puma milik TNI Angkatan Udara sedang melakukan penjemputan,” demikian Supriyadi. (ant/inilah/abr/dakwatuna)

Redaktur: Abdul Rohim

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar
Seorang suami dan ayah

Lihat Juga

Doa Terbaik untuk Ayahanda Harvino, Co-pilot Pesawat Lion Air dan Ayah bagi 10 Anak Yatim

Figure
Organization