Topic
Home / Berita / Nasional / Ternyata Tarif Listrik di Indonesia Termahal di Dunia

Ternyata Tarif Listrik di Indonesia Termahal di Dunia

Tarif Listrik - Ilustrasi.  (liputan6.com)
Tarif Listrik – Ilustrasi. (liputan6.com)

dakwatuna.com – Jakarta. Tarif listrik di Indonesia ternyata paling mahal di dunia dibandingkan negara lainnya. Hal ini diungkapkan oleh Ketua Umum Forum Industri Pengguna Gas Bumi, Achmad Safiun, dalam diskusi tata kelola gas, di Hotel Atlet Century, Senayan, Jakarta, Rabu (7/1). Safiun menambahkan, kalangan industri pengguna gas bumi mengeluhkan mahalnya tarif listrik di Indonesia.

“Kondisi 2014 lalu tarif listrik hampir semua golongan naik. Sekarang tarif listrik di Indonesia USD11 cent per Kwh. Bahkan di beberapa daerah sudah 12 cent. Ini harga paling mahal di dunia,” keluhnya, seperti yang dikutip dari metrotvnewsCom, Rabu (7/1).

Lebih lanjut dia mengemukakan, sebagai komponen penting dan roda penggerak industri, harga listrik mempengaruhi harga lainnya.

“Tarif listrik mempengaruhi harga. Kami ini bergerak di industri hilir sehingga kalau terjadi perubahan pada kami akan berpengaruh langsung dengan masyarakat,” terang Achmad.

Pemerintah, lanjutnya, harus memperbaiki kebijakan minyak dan gas (migas) dan energi karena akan berpengaruh langsung pada tarif listrik.

“Kebijakan migas seharusnya diperlakukan sebagai penggerak pertumbuhan ekonomi. Bukan sebagai komoditi revenue. Sekarang momentum yang tepat untuk memperbaiki tata kelola migas karena harga minyak yang turun drastis,” tegasnya.

Berikut tarif listrik di beberapa negara:
1. Amerika Serikat (AS) USD3 cent per kwh.
2. Bangladesh USD3 cent per kwh.
3. Vietnam USD7 cent per kwh.
4. Malaysia USD6 cent per kwh.
5. Pakistan USD6,6 cent per kwh.
6. Korea Selatan USD6 cent per kwh.
7. Indonesia USD11 cent per kwh.

(metrotvnews/abr/dakwatuna)

Redaktur: Abdul Rohim

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar
Seorang suami dan ayah

Lihat Juga

Tegas! Di Hadapan Anggota DK PBB, Menlu RI Desak Blokade Gaza Segera Dihentikan

Figure
Organization