Topic
Home / Berita / Nasional / 2015, Indonesia Produksi Pesawat N219

2015, Indonesia Produksi Pesawat N219

Pesawat N219. (Ilustrasi) (merdeka.com)
Pesawat N219. (Ilustrasi) (merdeka.com)

dakwatuna.com – Kediri. Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menrestek Dikti) Mohammad Nasir mengatakan, Indonesia dalam waktu dekat akan segera memproduksi pesawat baru N 219 dengan komponen 60 persen dari lokal, yang saat ini masih dalam riset oleh Lembaga Penerbangan Antariksa Nasional (LPAN).

“Riset ini masih berlangsung, dan masih menunggu hasil sertifikasi penerbangan. Pesawat N219 berkapasitas 19 orang. Pesawat ini dirancang untuk penerbangan jarak pendek, antar kota dan pulau-pulau kecil di Indonesia Timur. Pesawat ini tidak membutuhkan landasan yang terlalu panjang,” ujar Muhammad Nasir saat berkunjung ke Pondok Pesantren (Ponpes) Al Islah Kelurahan Bandar Kidul, Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri, seperti yang dikutip dari Inilahcom, Sabtu (27/12).

Natsir mengungkapkan, Indonesia menargetkan, pada akhir tahun 2015 pesawat yang dalam taraf penyelesain dan menunggu sertifikasi kelayakan untuk terbang. Dalam satu tahun dapat diproduksi sekitar 4 unit pesawat dan jika sertifaikasi terbang sudah selesai kapasitas produksi pesawat tersebut akan ditingkatkan. Rencanaya, pesawat tersebut akan di jual sekitar Rp 50 hingga 60 milyar.

“Saat ini sedikitnya terdapat 150 pemesanan, produksi pesawat tersebut diprioritaskan untuk keperluan penerbangan domestik seperti, penerbangan di Indonesia timur,” pungkasnya. (beritajatim/inilah/abr/dakwatuna)

Redaktur: Abdul Rohim

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar
Seorang suami dan ayah

Lihat Juga

Doa Terbaik untuk Ayahanda Harvino, Co-pilot Pesawat Lion Air dan Ayah bagi 10 Anak Yatim

Figure
Organization