Topic
Home / Berita / Nasional / 15 Tahun Perjalanan PKPU Mengabdi pada Negeri

15 Tahun Perjalanan PKPU Mengabdi pada Negeri

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.
Milad ke 15 Lembaga Kemanusiaan PKPU.  (anisa/kis/pkpu)
Milad ke 15 Lembaga Kemanusiaan PKPU. (anisa/kis/pkpu)

dakwatuna.com – Jakarta.  Genap 15 tahun sudah perjalanan pengabdian Lembaga Kemanusiaan Nasional PKPU. Bermula dari semangat dan ketulusan segelintir pemuda yang memiliki jiwa kepedulian kepada permasalahan bangsa, 10 Desember menjadi titik tolak kelahiran PKPU.

Dengan mengusung semangat Co Creation For Nation, yaitu Membangun semangat cita-cita untuk kemandirian bagi siapa saja yang terlibat dengan aksi-aksi kemanusiaan.

PKPU akan berbagi pengalaman, konsep, pembelajaran dan cita-cita untuk menciptakan sesuatu yang berdaya guna bagi kepentingan kemanusiaan. Maka di setiap aksi kebencanaan PKPU telah memberikan bantuan kemanusiaan tidak hanya di dalam negeri tapi hingga manca negara. Adapun bantuan kemanusiaan yang diberikan meliputi berbagai aspek seperti rescue, pemberdayaan ekonomi, kesehatan, pendidikan dan berbagai aksi kemanusiaan lainnya.

Di bidang rescue dan pendidikan, PKPU memberikan pelayanan seperti Serambi Nyaman, Kampung Tangguh Yogyakarta, Sekolah Siaga Bencana Aceh, Rehabilitasi Sekolah Merapi, Pondok Yatim dan berbagai program lainnya yang mengedepankan ketepatan penanganan dan kecepatan rehabilitasi agar masyarakat terdampak bencana dapat segera pulih dan bangkit. Di bidang ekonomi pemberdayaan masyarakat, PKPU menyediakan program Micro Finance Kelompok Usaha Mandiri Masyarakat (KUMM), Kelompok Usaha Bersama (KUBE), Program Inkubator Mandiri.

Selain itu, PKPU juga memberikan bantuan yang berbasis kesehatan dan lingkungan seperti program Air, Sanitasi dan Pipanisasi (Berbagi Air), Klinik Pratama Naura Husada, Program Lingkungan Berbasis Komunitas (Komunitas Hijau), Pondok Gizi Srikandi, Kampung Nutrisi dan Kesehatan Keliling (Prosmiling). Tak hanya dalam negeri, PKPU juga ikut andil dalam aksi kemanusiaan internasional seperti rehabilitasi korban topan Yolanda Filipina, membantu pengungsi konflik Afrika Tengah,  Rohingya, hingga Sebar Qurban Internasional.

Kemeriahan puncak ulang tahun ke 15 PKPU yang digelar pada Rabu (10/12) di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta diisi dengan potong tumpeng dan menampilkan Tim Kancil yang merupakan anak binaan yatim PKPPU. Selain itu, juga diramaikan oleh penampilan  tim nasyid Vocafarabi dan berbagai performance persembahan para karyawan.

Dalam rangka memeriahkan ulang tahunnya yang ke 15 ini, sebelumnya PKPU telah menggelar aneka perlombaan yang diperuntukkan bagi segenap stakeholder, mulai dari lomba video greeting, foto kerapihan front office, foto kebersamaan, menulis artikel, dan berbagai perlombaan olahraga.

Dengan tekad Jujur, kerjasama, tanggung jawab dan peduli sebagai nilai budaya PKPU, di acara syukuran 15 tahun ini, Agung Notowiguno selaku Presiden PKPU menyampaikan harapan dan cita-cita PKPU kedepan. “Dengan semangat kepedulian yang lahir dari ketulusan dan tingginya jiwa sosial, bukan tidak mungkin PKPU kedepan akan menjadi lembaga kelas dunia yang membangun kepercayaan dan kemandirian masyarakat. Ini adalah cita-cita besar kita kedepan,” ujarnya.

Ketua Yayasan PKPU, Ahmad Zaki menyampaikan bahwa tanpa keikhlasan dan komitmen yang kuat serta kerja keras para relawan, tidak mungkin PKPU bisa berdiri dan berkontribusi hingga sebesar ini. Ia juga menyerukan agar memperbaharui keikhlasan. “Mari sama2 kita perbaharui keikhlasan kita bekerja di PKPU. Agar setiap kerja kita ternilai ibadah,” pesannya.(anisa/kis/pkpu/sbb/dakwatuna)

 

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar

Lihat Juga

Muhasabah, Kebaikan untuk Negeri

Figure
Organization