Topic
Home / Pemuda / Mimbar Kampus / Muktamar Insani Sebagai Wadah Mempersiapkan Calon Pemimpin Masa Depan Indonesia

Muktamar Insani Sebagai Wadah Mempersiapkan Calon Pemimpin Masa Depan Indonesia

muktamar insanidakwatuna.com – Jakarta.  Bulan Desember kali ini merupakan momen yang penting bagi Insani Undip karena bertepatan dengan agenda rutin yang selalu diselenggarakan setiap tahunnya yakni Muktamar.

Insani adalah salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa keagamaan Islam di Undip atau biasa dikenal dengan Lembaga Dakwah Kampus. Muktamar adalah kegiatan akhir tahun untuk pertanggungjawaban kinerja Insani selama satu tahun masa kerja dan yang paling penting adalah pemilihan mas’ul (ketua) Insani 2015. Hal itulah mengapa muktamar merupakan momentum penting bagi Insani karena di dalamnya terdapat pemilihan mas’ul dan akan berpengaruh kepada keberjalanan Insani satu tahun mendatang.

Ibaratnya adalah mas’ul tersebut seorang nakoda yang mengendarai kapal dan para anggotanya merupakan awak yang mengikuti sang nakoda kemana kapal dilayarkan. Apakah sang nakoda akan membuat kapal karam di tengah laut? ataukah sang nakoda akan mengendarai kapal sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai?. Oleh karena itu, momentum muktamar bukanlah suatu hal yang biasa karena akan menghasilkan mas’ul yang akan memimpin Insani satu tahun mendatang.

Ada beberapa rangkaian kegiatan dalam muktamar Insani sebelum acara puncak pertanggungjawaban kerja dan pemilihan mas’ul. Berikut ini adalah rangkaian kegiatan yang akan diselenggarakan, dimulai dengan pendaftaran calon mas’ul Insani 2015 sejak tanggal 1-5 Desember 2014.  Pada masa pendaftaran para calon mas’ul Insani mengumpulkan berkas-berkas sebagai persyaratan untuk menjadi kandidat mas’ul.

Kemudian, ada diskusi LDK yang mengangkat tema terkait “syiar dan kaderisasi”pada tanggal 13 Desember 2014, diskusi LDK ini mengundang seluruh Lembaga Dakwah Fakultas serta umum untuk membahas terkait tema di atas. Dilanjutkan dengan dialog terbuka calon mas’ul Insani 2015 pada tanggal 19 Desember 2014. Yang terakhir adalah acara puncak untuk pertanggungjawaban kinerja pengurus selama satu tahun dan pemilihan mas’ul pada tanggal 25-26 Desember 2014.

Muktamar Insani merupakan sebuah wadah untuk mempersiapkan pemimpin masa depan Indonesia. Mengapa? Karena muktamar adalah salah satu prosesi reorganisasi yang memiliki magnet tersendiri dalam kehidupan kampus serta mengajarkan sebuah persaingan kapabilitas seorang muslim dalam konteks ‘fastabiqul khoirot’. Dengan adanya muktamar ini diharapkan akan melahirkan generasi-generasi pemimpin masa depan yang hebat karena muktamar sebagai ladang ekspresi dan aksi seorang pemimpin muslim, dapat menampilkan dan membentuk karakter pemimpin masa depan yang islami dan madani serta menawarkan sistem pemilihan mas’ul yang Islami sehingga ke depannya dapat menjadi pemimpin masa depan Indonesia yang membawa ke arah yang lebih baik lagi tentunya akan melahirkan pemimpin bangsa Indonesia yang bermoral. (Fiqhunnisa/sbb/dakwatuna)

 

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Saiful Bahri
Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Olah Raga. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.

Lihat Juga

Muktamar IMSA-MISG Tahun 2017 Resmi Dibuka

Figure
Organization