Topic
Home / Berita / Internasional / Amerika / Pemilu Sepertiga Anggota Senat, Kepemimpinan Obama Terancam

Pemilu Sepertiga Anggota Senat, Kepemimpinan Obama Terancam

Presiden AS, Barack Obama (aljazeera.net)
Presiden AS, Barack Obama (aljazeera.net)

dakwatuna.com – Amerika Serikat. Negeri Paman Sam, Amerika Serikat, menggelar pemilihan pergantian sepertiga anggota Senat (salah satu kamar Parlemen AS yang terdiri dari 100 kursi) pada Selasa ini (4/11/2014), yang diprediksikan akan dimenangkan oleh Partai Republik (rival Partai Demokrat yang mengusung Presiden Barack Obama).

Sebagaimana diberitakan Aljazeera (4/11/2014), Partai Republik diperkirakan akan memenangkan pemilihan tersebut setelah merosotnya popularitas Presiden Obama akibat krisis ekonomi yang membelit AS saat ini.

Dalam ulasan sejumlah media AS pada Senin kemarin, Partai Republik menyatakan sikap optimisnya akan memenangkan pemilu kali ini setelah memperhatikan hasil survei yang dilakukan oleh sejumlah lembaga.

Prediksi kemenangan Republik pun tersebut mengancam posisi Obama di akhir kepemimpinannya akan bernasib sama dengan Presiden George Bush tahun 2006, Presiden Bill Clinton tahun 1994, dan Presiden Ronald Reagan tahun 1986.

Dalam sistem pemilu untuk Senat AS, pemilihan dilakukan setiap dua tahun sekali untuk 36 orang dari 100 orang anggotanya yang akan bertugas selama 6 tahun. Terakhir, sepertiga anggota Senat AS diperbarui melalui pemilu tanggal 6 November 2012.

Dalam pemilihan tersebut, 100 kursi Senat AS dikuasai oleh Partai Demokrat yang berhasil memenangkan 53 kursi, disusul oleh Partai Republik 45 kursi, dan dua kursi lainnya dari kelompok independen. (aljazeera/rem/dakwatuna)

Redaktur: Rio Erismen

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Alumnus Universitas Al-Azhar Cairo dan Institut Riset dan Studi Arab Cairo.

Lihat Juga

Kader Republik ‘Gulingkan’ Salah Satu Pemimpin Partai Beragama Islam

Figure
Organization