Topic
Home / Berita / Internasional / Afrika / Keterwakilan Perempuan di Parlemen Tunisia Alami Kenaikan

Keterwakilan Perempuan di Parlemen Tunisia Alami Kenaikan

Suasana salah satu sIdang Parlemen Tunisia (aljazeera.net)
Suasana salah satu sIdang Parlemen Tunisia (aljazeera.net)

dakwatuna.com – Tunisia. Jumlah anggota Parlemen Tunisia dari kalangan perempauan pada Pemilu Legislatif 2014 ini mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan Pemilu 2011, sebagaimana diberitakan Aljazeera (2/11/2014).

Menurut hasil penghitungan lembaga penyelenggara Pileg Tunisia, keterwakilan perempuan mencapai 31% dari total 217 kursi anggota parlemen di negara tersebut.

Dari rata-rata tersebut, parpol pemenang Pileg Tunisia 2014, Nida’ Tunis (Panggilan Tunisia), menempati peringkat pertama, yaitu berjumlah 35 orang kader perempuannya dari 85 kursi yang berhasil mereka menangkan.

Sementara parpol Islam terbesar Tunisia, Gerakan Nahdhah (Kebangkitan), yang menjadi pemenang kedua, berhasil mengirimkan 28 orang wakil perempuannya dari total 69 kursi yang berhasil mereka raih.

Saat ini, meskipun tingkat partisipasi perempuan di panggung politik Tunisia disebut mengalami kenaikan, sejumlah pihak masih mengkritik sejumlah faktor penghambat aktivitas-aktivitas politik kaum hawa di salah satu negara Arab ini. (aljazeera/rem/dakwatun)

Redaktur: Rio Erismen

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Alumnus Universitas Al-Azhar Cairo dan Institut Riset dan Studi Arab Cairo.

Lihat Juga

Parlemen Tunisia Tetapkan Hukuman Mati bagi Teroris

Figure
Organization