Topic
Home / Berita / Daerah / MTN Salurkan Kambing Etawa Kepada Peternak di Kelud

MTN Salurkan Kambing Etawa Kepada Peternak di Kelud

Penyaluran Kambing Etawa oleh MTN kepada peternak di sekitar Kelud, Rabu (7/5) - (Foto: Sari/MTN)
Penyaluran Kambing Etawa oleh MTN kepada peternak di sekitar Kelud, Rabu (7/5) – (Foto: Sari/MTN)

dakwatuna.com – Kediri. MTN (Masyarakat Ternak Nusantara) salurkan 11 kambing Etawa dan 150 bungkus susu bubuk kambing Etawa kepada peternak di sekitar Kelud.

Penyaluran dilakukan di Dusun Petung yang terletak 5 – 6 km dari puncak Kelud. Saat erupsi Kelud, dusun ini termasuk dusun terparah yang terkena dampak erupsi tersebut.

“Dusun ini diharapkan dapat membawa perubahan dalam sisi ekonomi maupun semangat memperbaiki lainnya, sehingga membawa dampak positif bagi lingkungan sekitarnya,” ujar Mirna, relawan sekaligus penanggung jawab penyaluran di Kelud, Rabu, (07/05).

MTN menargetkan dua tahun mendatang daerah sekitar Kelud terutama Dusun Petung dapat menjadi pusat penghasil susu bubuk berbasis pendampingan peternak lokal. Peternak yang mendapatkan kambing Etawa akan diberi pendampingan agar kambing perah tersebut dapat menghasilkan susu berkualitas baik.

“Kami pun memberikan sosialisasi bahwa dengan mengubah susu murni menjadi susu bubuk maka nilai ekonomis susu tersebut meningkat,” terang Mirna.

Kelud diupayakan menjadi pusat penghasil susu kambing sebab kontur pegunungan cocok untuk beternak kambing. Selain itu, Kediri telah memiliki beberapa pusat peternakan kambing penghasil susu.

Hingga tahun 2014, MTN yang berfokus pada pemberdayaan peternak lokal Indonesia, telah memberdayakan 300 peternak, menyalurkan 3.000 hewan ternak di Bandung, Subang, Garut dan Tasikmalaya. Para peternak tidak hanya diberi hewan ternak, tapi juga pendampingan. (Sari/MTN/sbb/dakwatuna)

 

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Olah Raga. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.

Lihat Juga

BNI Syariah dan MTN Wujudkan Santri Mandiri

Figure
Organization