Topic
Home / Berita / Internasional / Afrika / Sesuai Prediksi, Hamden Shabahi vis a vis As-Sisi dalam Pilpres Kudeta Mesir

Sesuai Prediksi, Hamden Shabahi vis a vis As-Sisi dalam Pilpres Kudeta Mesir

Capres Kudeta Mesir, As-Sisi dan Shabahi (paltimes)
Capres Kudeta Mesir, As-Sisi dan Shabahi (paltimes)

dakwatuna.com – Mesir. Pendiri At-Tayar Asy-Sya’biy Al-Masry (Egyptian Popular Front), Hamdein Shabahi, secara resmi mengajukan (19/4) pencalonan dirinya dalam Pilpres Kudeta Mesir yang dijadwalkan akan dilaksanakan pada 26-27 Mei ini.

Pencalonan Shabahi dilakukan sehari sebelum penutupan pendaftaran dan dengan hal itu dirinya menjadi Capres Kudeta kedua setelah Abdel Fatah As-Sisi, calon kuat yang didukung militer, kelompok sekuler, dan Kristen Koptik Mesir.

Sementara itu, Ketua Klub Sepak Bola Zamalek, Murtadho Manshour, yang sebelumnya gembar-gembor akan ikut mencalonkan diri menyatakan membatalkan niatnya dan memilih mendukung As-Sisi sebagaimana prediksi banyak pihak di Mesir.

Hamdein Shabahi dikenal publik Mesir karena sikap oposisinya terhadap rezim Anwar Sadat dan Husni Mubarak, dan tercatat pernah dipenjara sebanyak 17 kali pada masa kepemimpinan kedua Presiden Mesir dari militer tersebut.

Pada tahun 1996, Shabahi mendirikan Partai Al-Karamah An-Nashiriy, serta tahun 2000 dan 2005 terpilih menjadi anggota Parlemen Mesir dari jalur independen.

Pada tahun 2004, Shabahi juga menggagas gerakan oposisi kelompok kiri Kefaya (Cukup) menentang kepemimpinan kembali diktator Husni Mubarak.

Pada tahun 2012, Hamdein Shabahi mendirikan gerakan At-Tayar Asy-Sya’biy Al-Masry (Egyptian Popular Front) dan aktif menentang kepemimpinan kelompok islamis di parlemen dan pemerintahan, termasuk terhadap kepemimpinan Presiden Mursi. (paltimes/rem/dakwatuna)

Redaktur: Rio Erismen

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar
Alumnus Universitas Al-Azhar Cairo dan Institut Riset dan Studi Arab Cairo.

Lihat Juga

Obama, Clinton hingga McCain Disebut Sebagai Anggota Ikhwanul Muslimin

Figure
Organization