Home / Berita / Internasional / Eropa / Inilah Rektor Pertama di Turki yang Berjilbab

Inilah Rektor Pertama di Turki yang Berjilbab

Prof. Ayşe Gül, rektor pertama di Turki yang berjilbab (aa.com.tr)
Prof. Ayşe Gül, rektor pertama di Turki yang berjilbab (aa.com.tr)

dakwatuna.com – Ankara. Baru kemarin, Kamis (10/4/2014), ada seorang rektor yang mengenakan jilbab di Turki. Prof. Sabri Oiegon, sekjen Dicle Üniversitesi, di Turki bagian timur mempublikasikan sebuah foto kenangan dirinya dengan Prof. Ayşe Gül yang merupakan rektor pertama di Turki yang berjilbab.

Oiegon mengatakan, “Ayşe sebenarnya ingin mengenakan jilbab beberapa waktu yang lalu atas dasar kesadaran pribadi. Tapi rupanya baru hari ini (Kamis), Ayşe memberikan kejutan kepada kita semua, muncul dengan berjilbab.”

Keputusan Ayşe mengenakan jilbab bisa dilaksanakan setelah pemerintah Turki menghapus aturan yang melarang pegawai negeri mengenakan jilbab di tempat kerjanya. Karena itulah, beberapa anggota legislatif wanita akhirnya juga bisa mengenakan jilbab saat menghadiri persidangan.

Ayşe agak terlambat mengenakan jilbab. Dia tidak langsung mengenakannya setelah pencabutan larangan. Alasanya, menurut Ayşe, adalah adanya kekhawatiran universitas yang dipimpinnya akan sedikit terganggu. Baru hari kemarin, Ayşe akhirnya bisa mendapatkan impian yang dipendamnya selama bertahun-tahun. Langkahnya itu juga yang membuatnya masuk dalam sejarah sebagai rektor pertama yang mengenakan jilbab di Turki. (mas/dakwatuna/anadolu)

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar
Ketua Studi Informasi Alam Islami (SINAI) periode 2000-2003, Kairo-Mesir

Lihat Juga

Seluruh Masjid Di 81 Provinsi Turki Gelar Shalat Ghaib Untuk Jenazah Mursi