Topic
Home / Berita / Internasional / Afrika / Inilah Saleh Dido, Muslim Terakhir yang Baru Saja Dibunuh di Kota Mbaiki, Afrika Tengah

Inilah Saleh Dido, Muslim Terakhir yang Baru Saja Dibunuh di Kota Mbaiki, Afrika Tengah

Saleh Dido, Muslim terakhir kota Mbaiki, Afrika Tengah (rassd)
Saleh Dido, Muslim terakhir kota Mbaiki, Afrika Tengah (rassd)

dakwatuna.com – Bangui. Saleh Dido, adalah warga Muslim terakhir yang berada di kota Mbaiki, wilayah Lobaye, Afrika Tengah. Sebelumnya, Dido, yang merupakan wakil walikota Mbaiki ini, menolak untuk meninggalkan kota bersama rombongan warga Muslim yang mengungsi ke kota atau negara lain.

Tiga pekan lalu, presiden Afrika Tengah (Catherine Samba-Panza) dan menteri pertahanan Perancis (Jean-Yves Odrian) mengunjunginya. Saat itu walikota Mbaiki menegaskan dan berjanji akan memberikan perlindungan kepada Dido. “Kami akan berusaha melindungi Saleh Dido, karena dia saudara kami,” demikian kata Raymond Mongbanda, walikota Mbaiki.

Saleh Dido bersikeras tetap tinggal di Mbaiki, karena pemerintah Afrika Tengah dan Perancis berusaha untuk menjadikan kota ini sebagai percontohan dalam kerukunan dan rekonsiliasi antar umat beragama. Sebelumnya, dalam rentang waktu 4 hingga 12 Februari, ribuan warga Muslim telah pergi meninggalkan kota untuk mengungsi di tempat lain.

Saat diajak kerabatnya untuk turut mengungsi, Dido mengatakan, “Aku dilahirkan di sini. Aku lahirkan anak-anakku di sini. Aku adalah anggota dalam pemerintah kota, dan nasionalis. Kenapa aku harus mengungsi?”

Menurut investigasi Amnesty International, orang-orang tak dikenal datang ke tempat tinggalnya. Dido melarikan diri dan mencari perlindungan di sebuah kantor polisi. Namun di tengah jalan, sekelompok milisi Kristen menghadang dan menyembelihnya. (msa/dakwatuna/rassd)

Redaktur: M Sofwan

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar
Ketua Studi Informasi Alam Islami (SINAI) periode 2000-2003, Kairo-Mesir

Lihat Juga

Imigran Muslim, Akankah Mengubah Wajah Barat di Masa Depan?

Figure
Organization