Topic
Home / Narasi Islam / Artikel Lepas / Menjadi Juara dalam Derita

Menjadi Juara dalam Derita

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.
Ilustrasi (inet)
Ilustrasi (inet)

dakwatuna.com – “Eh, kemarin pesawatku terlambat 1 jam… bete dech…!!!”

Gitu aja bangga, aku dulu delay 2 jam loh….!!”

“Kalian berdua berisik… aku pernah ditunda seharian, sampai memutih rambut ini nungguin pesawatnya…”

“Kalian semua sombong… Aku gak pernah naik pesawat, biasa aja…!!”

Manusia mempunyai kecenderungan untuk berkompetisi dan bertanding memperlombakan, mengunggul-unggulkan sesuatu yang dimilikinya. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan simpati dan atensi dari orang lain. Bukan hanya capaian, prestasi dan kegemilangan saja yang sering diunggul-unggulkan, penderitaan dan musibah yang dialami pun terkadang dijadikan topik atau tema untuk diunggul-unggulkan. Ketika saudara kita menceriterakan alangkah menyakitkannya suatu peristiwa yang dialaminya, maka kita akan mencoba mencari-cari dalam memori kita, penderitaan apa yang kira-kira pernah kita alami, yang lebih dahsyat dan mengenaskan daripada ceritanya. Seakan dengan mengisahkan penderitaan yang lebih dahsyat tersebut kita mendapatkan suatu kemenangan, kemenangan yang semu. Senyum bangga tersimpul di wajahnya jika ternyata tak ada yang mampu menceritakan penderitaan yang lebih menyakitkan daripada ceritanya.

Saat menceritakan dan memvisualisasikan penderitaan yang pernah dialami terkadang juga dilakukan dengan cara yang berlebihan dan sangat hiperbola, ditambahkan sedikit bumbu dusta dalam rangka menguatkan cerita tersebut dan juga agar kita yang menjadi “juara”-nya.

Syaikh Abdullah Azzam rahimahullaah, seorang ulama dan mujahid yang syahid di Afghanistan berkata dalam bukunya Nasihat-nasihat Rasulullah SAW Penawar Lelah Pengemban Dakwah,  “ada sebagian aktivis jika ditimpa musibah, kecelakaan atau ujian, mereka membicarakannya berhari-hari. Topiknya: apa penyebabnya, mengapa itu bisa terjadi, bagaimana kejadiannya, siapa saja yang terkait, bagaimana kisah lengkapnya dan seterusnya dan seterusnya. Mereka sibuk larut dalam perdebatan yang panjang padahal mereka bukan para pengambil dan ahli keputusan.

Alangkah baiknya jika ada penderitaan dan musibah yang sedang atau pernah kita alami, kita bersabar dan kita adukan hal tersebut pertama kali kepada Allah SWT.  Allah SWT berfirman: “Sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabarlah yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas.” (QS. Az-Zumar: 10)

Al-Imam Sufyan Ats-Tsauri rahimahullaah berkata: “Tiga perkara yang merupakan bagian dari kesabaran, (1) engkau tidak menceritakan musibah yang tengah menimpamu; (2) tidak pula sakit yang kau derita; (3) serta tidak merekomendasikan dirimu sendiri.” (Mawa’izh Al-Imam Sufyan Ats-Tsauri hal. 81)

Kita boleh menceritakan masalah dan problematika yang kita alami kepada orang yang kita percaya atau kepada orang yang bisa memberikan solusi dan doa untuk kita, seperti orang tua, saudara, sahabat seiman, murabbi, ustadz dan lain-lain.  Syaikh Abdul Aziz bin Baz rahimahullaah ketika ditanya perihal menceritakan mengenai penderitaan sakit yang dialami kepada teman-teman dekat, beliau rahimahullaah menjawab: “Anda pun boleh mengabarkan teman dan sahabat Anda tentang keadaan Anda, namun dengan memuji Allah, bersyukur kepada Allah, dengan menyebutkan bahwa Anda telah memohon kesembuhan kepada Allah dan telah menjalani upaya untuk sembuh yang mubah. Aku menasihatkan Anda agar bersabar dan mengharap pahala dari Allah.

Bagaimana jika ada saudara atau sahabat kita yang menceritakan penderitaan yang dia rasakan? Kita sebagai umat Muslim selayaknya menjadi pendengar yang baik dan memberikan solusi serta jalan keluar kepada mereka.  Ustadz Salim A. Fillah memberikan nasihat indah dalam bukunya, Dalam Dekapan Ukhuwah, “maka langkah penting lain dalam memahami mereka yang mungkin saja hidup dalam ukuran berbeda-beda  adalah memeriksa kembali sikap kita. Adakah kita masih mempertandingkan derita atau memperlombakan lara sekadar untuk membuat lawan bicara kita terluka? Atau ketika saudara tercinta menangis menceritakan dukanya, kita telah mampu berbagi air mata disertai senyum yang menguatkan? Berbahagialah mereka yang bersikap terbaik dalam dekapan ukhuwah.

Mudah-mudahan Allah memberikan hidayah dan petunjuk-Nya kepada kita untuk bisa mencontoh Rasulullah SAW yang pernah disiksa, dilempari batu dan kotoran unta, diletakkan isi perut unta di kepalanya yang mulia dan dicekik ketika shalat, dicaci dan dimaki, dituduh penyihir, disebut gila, sahabat-sahabatnya disiksa dan dibunuh, istri beliau difitnah berzina, tetapi beliau tetap bersabar dan tak pernah menceritakan dan mengeluhkannya kepada orang lain. Nabi kita SAW apabila disakiti, beliau hanya mengucapkan, “Semoga Allah merahmati Musa. Sungguh beliau telah disakiti (oleh kaumnya) dengan yang lebih daripada (ujian yang saya alami ini), namun beliau dapat bersabar.”  (HR. Bukhari dan Muslim)

Wallaahu a’lam…

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Sedang menuntut ilmu di Pascasarjana STEI Institut Teknologi Bandung, Jurusan Informatika Opsi Sistem Informasi. Juga seorang traineer di Lembaga Spirit Tarbiyah Center (STAR-C). Ikut serta dalam sebuah organisasi Kelompok Studi Palestina, berharap bisa terlibat dalam memperjuangkan kemerdekaan Palestina dari cengkraman Zionis, bermimpi untuk bisa melaksanakan ibadah shalat di Masjidil Aqsha�.

Lihat Juga

Rumah Zakat Gelar Indonesia Mewarnai ke-2 di Pulau Kelapa

Figure
Organization