Topic
Home / Berita / Silaturahim / Malam Ini, Masyarakat Sumatera Barat Baca Puisi Tutup Tahun 2013

Malam Ini, Masyarakat Sumatera Barat Baca Puisi Tutup Tahun 2013

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.
Pengurus FAM Wilayah Sumatera Barat bersama penyair Taufiq Ismail, Senin (30/12) malam, di Taman Budaya Padang. Dalam rangka pergantian tahun, FAM menggelar Konser Baca Puisi Akhir Tahun, Selasa (31/12). (Foto: Ist.)
Pengurus FAM Wilayah Sumatera Barat bersama penyair Taufiq Ismail, Senin (30/12) malam, di Taman Budaya Padang. Dalam rangka pergantian tahun, FAM menggelar Konser Baca Puisi Akhir Tahun, Selasa (31/12). (Foto: Ist.)

dakwatuna.com Padang. Masyarakat Sumatera Barat, Selasa (31/12), malam ini, di Gedung Utama Taman Budaya Padang, membaca puisi dalam rangka menutup tahun 2013. Kegiatan itu bertajuk “Konser Baca Puisi Akhir Tahun”.

Konser tersebut ditaja Forum Aktif Menulis (FAM) Wilayah Sumatera Barat. Penyair Sumatera Barat, Pinto Janir, yang mendaulat dirinya sebagai “Raja Penyair” akan membaca puisi-puisi ciptaannya bersama pengurus FAM Wilayah Sumatera Barat dan sejumlah penyair lainnya, diiringi musik tradisi dari Sanggar Seni dan Budaya Indojati serta Sanggar Dendang 15.

Ketua Panitia Pelaksana, Denni Meilizon, yang juga Koordinator FAM Wilayah Sumatera Barat, mengatakan, “konser baca puisi” penutup tahun 2013 itu, menampilkan sejumlah pembaca puisi lainnya, di antaranya Syarifuddin Arifin, Muhammad Fadhli, Refdinal Muzan, Nuh Rafi, Hasan Asyar’i, Irwan Hasan, Arif Hidayatullah, Desri Erniza, Befaldo Angga, dan beberapa nama lainnya.

“Seperti apa benar ‘sang raja ini’ berpuisi? Saya penasaran ingin menyaksikan bahkan tergerak untuk sepentas dengan Pinto,” kata Syarifuddin Arifin, Penyair “Si Maling Kondang” mengomentari acara itu.

Konser puisi ini semakin menarik manakala Ketua Komisi Kejaksaan Indonesia, H. Halius Hosen yang dikenal sebagai tokoh pecinta seni dan budaya juga menyatakan dirinya ikut ‘mentas’. Dikabarkan, Halius telah menyiapkan puisinya berjudul ‘Merah Putih Indonesiaku’.

Konser baca puisi yang juga mendapat dukungan moril dari penyair nasional Taufiq Ismail, Papa Rusli Marzuki Saria, Leon Agusta, dan Walikota Padang ini, akan semakin berwarna ketika dibuka Wakil Gubernur Sumatera Barat Muslim Kasim dalam suatu orasi budaya.

“Wagub Sumbar kita pastikan bakal membacakan orasi budayanya tentang Bumi,” ungkap Denni Meilizon.

Dikatakan Denni Meilizon, Wagub Muslim Kasim sangat antusias menyambut kegiatan ini. Menurut Wagub, puisi adalah lembaga pendidikan perasaan. Puisi membentuk karakter. Puisi mainan orang cerdas.

“Berpuisilah, maka akan terbuka beberapa ruang kreatif dalam akal, hati, dan pikiran kita,” kata Wagub seperti dikutip Denni Meilizon.

Konser baca puisi ini, tambah Denni, selain didukung Sanggar Musik Tradisi Indojati juga didukung Komunitas Teater Seni Nan Tumpah.

“Harapan saya, puisi menjadi milik semua. Puisi dicintai banyak orang. Semoga, masyarakat Sumatera Barat khususnya Padang mendapat suguhan hiburan alternatif di malam pergantian tahun,” tambah Denni Meilizon. (rel/ded/dakwatuna)

Redaktur: Deddy S

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Lulusan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Sejak kecil menggemari segala jenis masakan. Hingga kini senang membaca dan mengakrabi aksara.

Lihat Juga

Duet Bersama Sang Anak, Doktor Penciptaan Seni Teater Terbitkan Buku ‘Rembulan dan Matahari’

Figure
Organization