Home / Berita / Nasional / Tolak Sertifikasi Halal Obat, Menkes Dipanggil Ombudsman

Tolak Sertifikasi Halal Obat, Menkes Dipanggil Ombudsman

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.
Menkes, Nafsiah Mboi
Menkes, Nafsiah Mboi

dakwatuna.com – Jakarta. Ombudsman RI berencana memanggil Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi dan jajarannya termasuk BPOM terkait penolakan terhadap sertifikasi halal produk farmasi. Menurut Ketua Ombudsman RI Danang Giriwardana, pihaknya merasa perlu mendapatkan penjelasan terkait penolakan itu, karena menyangkut pelayanan publik.

“Untuk sertifikasi halal obat dan makanan dalam waktu dekat kami akan panggil Menkes. Semoga pekan depan. Saya kira Menkes cukup kooperatif selama ini,” ujar Danang di Jakarta Selatan, Minggu, (8/12).

Menurut Danang, seharusnya pemerintah tidak mengabaikan hak publik untuk mendapatkan keterangan halal dan tidak halal. Termasuk informasi adanya gelatin babi dalam obat-obatan.

“Itu bagian dari pelayanan pada masyarakat tidak boleh kita abaikan. Ini sangat serius karena mungkin ada sebagian umat muslim yang merasa dizalimi karena ini tidak diperiksa dengan benar oleh pihak yang terkait,” sambung Danang.

Selain klarifikasi terkait obat-obatan dan makanan, Danang menyatakan pihaknya juga meminta klarifikasi untuk kosmetik yang juga diduga mengandung gelatin babi.

“Apakah dalam kandungan kosmetik itu terdapat gelatin babi atau tidak ini juga jadi perdebatan. Kalau terdapat gelatin babi, sementara itu tidak terserap oleh tubuh apakah masih halal atau tidak. Ini nanti kita minta pendapat Menkes,” tandas Danang. (jpnn/ded/dakwatuna)

 

Redaktur: Deddy S

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar
Lulusan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Sejak kecil menggemari segala jenis masakan. Hingga kini senang membaca dan mengakrabi aksara.

Lihat Juga

Bisakah Saya Renovasi Rumah 200 Juta?