Topic
Home / Berita / Rilis Pers / Masyarakat Indonesia di Taiwan Gelar Aksi Mengecam Pembantaian di Mesir

Masyarakat Indonesia di Taiwan Gelar Aksi Mengecam Pembantaian di Mesir

Aksi Solidaritas Masyarakat Infonesia di Taiwan (18/8/13) (foto: Nila-FORMMIT)
Aksi Solidaritas Masyarakat Infonesia di Taiwan (18/8/13) (foto: Nila-FORMMIT)

dakwatuna.com – Taiwan.  Terpanggil oleh tragedi kemanusiaan memilukan yang terjadi di mesir, elemen masyarakat indonesia yang berdomisili di Taiwan bergerak melakukan aksi solidaritas bersama yang dipusatkan di dua tempat, yaitu Taipei Main Station dan Taoyuan (tepatnya di belakang stasiun Taoyuan).

Seperti yang telah banyak diberitakan media cetak dan online internasional, sedikitnya 6000 orang tewas pada saat demonstrasi damai yang teradi di bundaran rabaa kota Cairo. Jumlah korban diperkirakan akan terus bertambah seiring meluasnya protes masyarakat, yang disambut aksi represif militer serta polisi mesir.

Melihat kondisi ini, sebagai muslim dan manusia, sudah sangat layak bagi setiap elemen untuk mengecam tindakan inhumanis (tidak manusiawi) yang terjadi di mesir. Acara ini berlangsung selama sekitar satu jam, dengan rangkaian acara berupa doa bersama, pembacaan puisi untuk Mesir, orasi dari perwakilan FORMMIT, KMIT, PWNI, BEM Universitas Terbuka, dan PPI Taiwan, penandatanganan pernyataan sikap, pembacaan puisi “Syuhada menjemput kemenangan” oleh teman-teman FLP Taiwan, doa, shalat ghaib, dan kemudian ditutup dengan penggalangan dana kepada masyarakat yang berada di sekitar wilayah TMS dan Taoyuan. Gerakan ini berlangsung spontan melibatkan berbagai elemen dengan difasilitasi oleh FORMMIT (Forum Mahasiswa Muslim Indonesia di Taiwan).

Adapun isi dari pernyaaan sikap yang disampaikan yakni:

  1. Mengecam tindakan represif militer mesir atas pembantaian terhadap 6000 orang demonstran damai di Mesir
  2. Mendesak presiden RI untuk aktif dalam lobi internasional guna mencegah pertumpahan darah yang lebih luas
  3. Mengajak kepada seluruh masyarakat indonesia dan internasional untuk
    memberikan dukungan moril dan materil kepada masyarakat mesir khususnya para
    korban.

Pesan lain yang ingin disampaikan dari kegiatan adalah bahwa masyarakat Indonesia dimana pun berada adalah saudara dekat masyarakat mesir, dan satu kesatuan, dimana pun berada. (ncs/sbb/dkw)

Taipei, 18 agustus 2013

ttd presiden FORMMIT

 
dr. wira winardi

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Konflik Air Antara Ethiopia, Sudan, dan Mesir

Figure
Organization