Topic
Home / Berita / Nasional / Mendikbud Akui Ghalia Tak Lolos Tender

Mendikbud Akui Ghalia Tak Lolos Tender

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan M. Nuh
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan M. Nuh

dakwatuna.com – Jakarta.  Ada enam perusahaan yang memenangi tender untuk mencetak soal Ujian Nasional (UN). Salah satunya adalah PT Ghalia yang kemudian gagal mencetak soal untuk 11 provinsi.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan M. Nuh mengakui awalnya PT Ghalia tidak lolos dalam tender. Namun kemudian diloloskan. Mengapa Ghalia kemudian bisa lolos?

Nuh menjelaskan Ghalia lolos karena menjadi pengganti perusahaan lain yang memenangi tender lainnya. “Saya sudah mempelajari semua, sebenarnya di paket 3 itu, di mana sekarang itu dikerjakan Ghalia, Ghalia itu bukanlah yang terbaik,” tutur M. Nuh, di kantor Presiden Jakarta, Selasa (16/4/2013).

Nuh menjelaskan, pada tahap awal ada 70 lebih perusahaan yang diseleksi. Hingga kemudian dipilihlah perusahaan yang dianggap layak dan pantas. Terutama ketersediaan mesin, perusahaan yang memadai dan pendukung lainnya.

Pemenang tender ditentukan berdasarkan zonasi distribusi soal yang dibagi dalam enam paket. Setiap paket harus dikerjakan oleh satu perusahaan. Namun, ada dua zona paket yang dimenangi oleh satu perusahaan padahal berdasarkan aturan hal itu tidak diperbolehkan. Karena itulah perusahaan pemenang dua paket itu harus memilih salah satu dan kemudian melepas zona 3.

Zona 3 inilah yang kemudian diberikan kepada Ghalia yang sebelumnya tidak lolos. Alasannya, Ghalia ada di peringkat pertama yang tidak lolos. “Mau ndak mau, yang rangking satunya itu naik, ya Ghalia,” jelasnya. (tjs/ar/ind)

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Mendikbud Diminta Tidak Komentari Nobar G30S/PKI

Figure
Organization