Topic
Home / Berita / Daerah / Kulonprogo Targetkan 100% PNS Islam Berpartisipasi ZIS

Kulonprogo Targetkan 100% PNS Islam Berpartisipasi ZIS

Ilustrasi - Bayar Zakat. (inet)
Ilustrasi – Bayar Zakat. (inet)

dakwatuna.com – Kulonprogo. Tahun 2013 ini Pemkab Kulonprogo menargetkan seluruh PNS Islam berpartisipasi dalam gerakan Zakat, Infak, Sodaqoh (ZIS). Sampai saat ini, tingkat partisipasinya baru mencapai 92%  atau 3.715 PNS.

Ketua Bazda Kabupaten Kulonprogo, Sarjana menyebut, berdasarkan rekapitulasi bulan Januari PNS Islam di lingkungan Pemkab Kulonprogo yang telah berpartisipasi dalam gerakan ZIS sebanyak 92% (3.715). Sedangkan yang belum berpartisipasi ada 8 % (317) PNS. Tingkat partisipasi dalam gerakan ZIS tersebut disampaikan pada acara evaluasi optimalisasi Bazda Kulonprogo di Gedug Kaca, Senin (14/1).

Menanggapi hasil tersebut Bupati Hasto Wardoyo menyampaikan terima kasih kepada seluruh PNS yang telah berpartisipasi. Hasto juga mengapresiasi kinerja kepala SKPD, Bendahara, Pengurus Bazda Kabupaten, Pengurus Bazda Kecamatan, dan seluruh pihak yang telah mensukseskan gerakan ini. Karena kegiatan ini sukses atas partisipasi seluruh pihak yang terlibat.

Dalam kesempatan itu Bupati sekaligus mencanangkan Tahun 2013 sebagai Tahun Partisipasi bagi PNS Islam. Diharapkan 100% PNS Islam Kabupaten Kulon Progo (4.038) tahun ini ikut berpartisipasi dalam ZIS. “Seluruh PNS Islam diharapkan tahun ini sudah ambil bagian baik zakat, infaq maupun sodaqoh” katanya.

Menurut Hasto, optimalisasi ZIS sangat penting karena merupakan upaya nyata mewujudkan visi RPJMD 2011-2016 berdasarkan iman dan taqwa. ZIS bermanfaat sebagai salah satu upaya penanggulangan kemiskinan dalam klaster perlindungan dan bantuan sosial.

Dalam optimalisasi zakat tersebut Kantor Kementerian Agama Wates dilihat sebagai barometer. Instansi ini seratus persen pegawainya sebanyak 797 orang, seluruhnya sudah melaksanakan zakat 2,5 % dari gaji. Hal ini mengindikasikan bahwa PNS di SKPD lain sebenarnya juga bisa seratus persen.

“Permasalahan pegawai Kemenag dengan pegawai di SKPD lain juga sama tidak jauh beda. Jika di Kemenag bisa seratus persen di SKPD tentu juga bisa” tandasnya.

Dalam kesempatan tersebut, dibacakan juga laporan pentasyarufan dana ZIS Bazda Kabupaten Kulonprogo Tahun 2012 yang meliputi 5 program dan dukungan kesekretariatan. Lima program tersebut meliputi Program Peningkatan Ketaqwaan, Program Masyarakat Sehat, Program Masyarakat Pintar, Program Bedah Rumah Swadaya Berbantuan, dan Program Kepedulian Sosial, dengan jumlah dana pentasyarufan sebesar Rp 1.433.800.624.

“Untuk bantuan bedah rumah swadaya berbantuan kepada fakir miskin yang rumahnya tidak layak huni, selama tahun 2012 sebanyak 35 sasaran dengan bantuan sebesar Rp. 330 juta. Untuk 39 muallaf sebanyak Rp. 39 juta rupiah,” kata Sarjana.

Dalam acara yang berlangsung santai itu tampak hadir Kepala Kantor Kemenag Wates, Pimpinan SKPD, Pimpinan BUMD, Bendahara UPZ se-Kabupaten Kulon Progo, dengan moderator Kepala Bagian Administrasi Kesra, Prawoto. ( Panuju Triangga / CN34 / JBSM / SMCN )

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Zakat Sebagai Solusi Masa Depan BPJS Kesehatan

Figure
Organization