Topic
Home / Berita / Nasional / Sedang Diproduksi “Sang Kyai”, Film Tentang KH Hasyim Asy’ari

Sedang Diproduksi “Sang Kyai”, Film Tentang KH Hasyim Asy’ari

Konfrensi pers dan syukuran film Sang Kyai beberapa waktu lalu. (ANTARA/Teresia May/rj)
Konfrensi pers dan syukuran film Sang Kyai beberapa waktu lalu. (ANTARA/Teresia May/rj)

dakwatuna.com – Solo. Rapi Films menyiapkan biaya Rp10 miliar untuk mewujudkan film yang mengangkat kisah ulama kharismatik NU KH Hasyim Asy’ari yang diberi titel Sang Kyai.

Dalam film yang berlatar belakang zaman penjajahan itu, rumah produksi film yang bermarkas di Jakarta tersebut melalui sutradara Rako Prijanto berkeinginan mengingatkan penonton akan pentingnya persatuan dan kesatuan bangsa.

“Kami sangat bangga bisa memproduksi film yang menggambarkan sosok kyai yang sangat kharismatik di masa penjajahan. KH Hasyim Asy’ari merupakan tokoh kunci dalam menggerakkan santri-santri dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan,” ungkap Sunil Samtani, produser film di Solo, Jawa Tengah, Sabtu (15/12).

Rapi Films ingin menggambarkan sosok ulama besar pendiri pesantren Tebu Ireng itu dan cara perjuangannya dengan pendekatan spiritual yang selama ini tidak banyak orang tahu.

“Ini untuk sumbangan moral terhadap masyarakat Indonesia, terutama kaum muda yang akan menjadi tulang punggung bangsa di masa datang,” imbuhnya.

Film itu dibintangi Ikranagara sebagai KH Hasyim Asy’ari dan Christine Hakim sebagai Nyai Kapu (istri Hasyim Asy’ari).

“Saya ingin mengetengahkan yang asli dari produk Indonesia. Ini tantangan bagi saya, ketika banyak yang berharap agar film ni bisa memiliki hasil yang maksimal. Apalagi KH Hasyim Asy’ari bukan saja milik NU tetapi milik bangsa dan bagi semua yang mengidolakannya,” terangnya usai break syuting Sang Kyai. (WJ/OL-5/MICOM)

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (1 votes, average: 10.00 out of 5)
Loading...
Lembaga Kajian Manhaj Tarbiyah (LKMT) adalah wadah para aktivis dan pemerhati pendidikan Islam yang memiliki perhatian besar terhadap proses tarbiyah islamiyah di Indonesia. Para penggagas lembaga ini meyakini bahwa ajaran Islam yang lengkap dan sempurna ini adalah satu-satunya solusi bagi kebahagiaan hidup manusia di dunia dan akhirat. Al-Qur�an dan Sunnah Rasulullah saw adalah sumber ajaran Islam yang dijamin orisinalitasnya oleh Allah Taala. Yang harus dilakukan oleh para murabbi (pendidik) adalah bagaimana memahamkan Al-Qur�an dan Sunnah Rasulullah saw dengan bahasa yang mudah dipahami oleh mutarabbi (peserta didik) dan dengan menggunakan sarana-sarana modern yang sesuai dengan tuntutan zaman.

Lihat Juga

Ada Dakwah di Dalam Film End Game?

Figure
Organization