05:07 - Minggu, 20 April 2014

Lembaga Kajian Manhaj Tarbiyah

Lembaga Kajian Manhaj Tarbiyah adalah wadah para aktivis dan pemerhati pendidikan Islam yang memiliki perhatian besar terhadap proses tarbiyah islamiyah di Indonesia. Para penggagas lembaga ini meyakini bahwa ajaran Islam yang lengkap dan sempurna ini adalah satu-satunya solusi bagi kebahagiaan hidup manusia di dunia dan akhirat. Al-Qur’an dan Sunnah Rasulullah saw adalah sumber ajaran Islam yang dijamin orisinalitasnya oleh Allah Taala. Yang harus dilakukan oleh para murabbi (pendidik) adalah bagaimana memahamkan Al-Qur’an dan Sunnah Rasulullah saw dengan bahasa yang mudah dipahami oleh mutarabbi (peserta didik) dan dengan menggunakan sarana-sarana modern yang sesuai dengan tuntutan zaman.

Oleh karena itu LKMT berusaha meramu kurikulum tarbiyah islamiyah yang menggabungkan antara tuntutan ta’shil (menjaga orisinalitas) ajaran Islam dengan keharusan melakukan tathwir (pengembangan) di lapangan tarbiyah islamiyah sesuai kebutuhan zaman.

Materi tarbiyah yang disajikan LKMT di dakwatuna.com merupakan upaya memasyarakatkan bahasa Al-Qur’an ke tengah masyarakat dengan penggunaan istilah-istilah keislaman yang sering digunakan para ulama dakwah dan tarbiyah. LKMT juga berusaha menyusun materi-materi tarbiyah disertai skema pembahasan yang insya Allah mempermudah peserta tarbiyah memahami alur materi dan dalil-dalilnya.

Apa yang dilakukan oleh LKMT sebenarnya bukanlah hal yang baru, sebab upaya-upaya para pakar pendidikan keislaman untuk meningkatkan kualitas pemahaman dan pengamalan ajaran Islam telah dilakukan sejak lama. LKMT dalam hal ini hanyalah berusaha mengambil semua kebaikan para pendahulunya untuk dikembangkan dan berupaya menghindari kesalahan-kesalahan masa lalu dengan tetap meyakini bahwa kesempurnaan itu hanyalah milik Allah Taala.

Visi

Menjadi lembaga terdepan dalam menyajikan manhaj tarbiyah dan dakwah islamiyah di Indonesia demi membentuk pribadi muslim yang rabbani.

Misi

1. Menyediakan manhaj tarbiyah yang dapat dipakai para murabbi dalam membentuk syakhshiyah islamiyah (pribadi muslim) dan daiyah.
2. Membantu menyiapkan para murabbi yang handal dalam membina generasi rabbani.
3. Menyediakan alternatif kurikulum tarbiyah islamiyah bagi lembaga-lembaga pendidikan Islam maupun umum untuk menciptakan generasi rabbani.

58 queries in 0,659 seconds.