Topic
Home / Berita / Internasional / Eropa / Muslim Inggris Perjuangkan Daging Halal

Muslim Inggris Perjuangkan Daging Halal

Ilustrasi (kalimantanpost.com)

dakwatuna.com – London. Muslim di Inggris menolak larangan menyembelih hewan secara Islam yang dilakukan dokter hewan terkemuka Inggris pekan ini, Ahad (6/5). Mantan Presiden Asosiasi Veteriner Inggris Bill Reilly melarang praktik penyembelihan hewan tanpa disetrum terlebih dulu. “Penyembelihan tanpa didahului setruman tampaknya meningkat. Dari perspektif kesejahteraan hewan, ini tidak dapat diterima,” kata Reilly.

Tak urung, pernyataan itu menuai kritik dari umat Islam di Inggris. “Ini (penyembelihan) merupakan keharusan. Penyembelihan daging halal berlangsung cepat, sehingga rasa sakit dapat diminimalisir dan menghindari rasa sakit yang tidak perlu,” ujar Sekretaris Jenderal Dewan Muslim Wales, Saleem Kidwai, kepada Wales Online.

Menteri Inggris telah berusaha mengubah hukum untuk memastikan daging halal dijual dengan label yang tepat. Daily Mail melaporkan pada April bahwa ‘sebuah kelompok masyarakat’ menyajikan daging halal secara diam-diam di sekolah-sekolah, rumah sakit, pub dan tempat-tempat olahraga terkenal.

Para penggiat hak-hak binatang menganggap cara penyembelihan daging halal kejam. Padahal metode tersebut justru paling sedikit menimbulkan rasa sakit dan sesuai dengan ukuran kesejahteraan hewan.

Daging halal kini menguasai 25 persen keseluruhan pasar daging di Inggris, menurut Reilly.

Namun, menurut Badan Standar Makanan (FSA) jumlah hewan yang disembelih secara halal jauh lebih kecil.

“Hasil penelitian menunjukkan jumlah hewan yang disembelih tanpa disetrum relatif rendah. Hanya tiga persen sapi, 10 persen domba dan kambing dan empat persen unggas,” kata seorang juru bicara FSA kepada BBC. (Endah Hapsari/Ani Nursalikah/bbc)

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (7 votes, average: 9.71 out of 5)
Loading...

Tentang

Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Arie Untung: Emak-Emak Pelopor Utama Pemasaran Produk Halal

Figure
Organization