Topic
Home / Berita / Nasional / Komisi V DPR Minta Pemerintah Minta Maaf karena Layanan Mudik Buruk

Komisi V DPR Minta Pemerintah Minta Maaf karena Layanan Mudik Buruk

Anggota Komisi V DPR RI Ir. H. Yudi Widiana Adia, M.Si (Sentana Online)

dakwatuna.com – Pemerintah harus meminta maaf atas buruknya layanan mudik tahun 2011. Kualitas pelayanan mudik dirasakan menurun dibanding tahun sebelumnya, baik dari sisi keamanan, kenyamanan, dan keselamatan.

“Penurunan dari sisi keamanan bisa dilihat maraknya kasus kejahatan yang menimpa pemudik, baik yang menggunakan bus maupun kereta. Kejadian pembajakan kereta api merupakan kasus yang paling menonjol disamping modus kejahatan lama seperti pencopetan dan hipnotis,” kata anggota Komisi V DPR RI dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Yudi Widiana Adia, kepada Rakyat Merdeka Online sesaat lalu (Kamis, 8/9).

Sementara dari sisi kenyamanan, lanjut Yudi, keluhan pemudik meningkat, terutama terkait kemacetan di berbagai ruas jalan di pulau Jawa. Termasuk beberapa jalur yang selama ini langganan macet juga belum diperbaiki. Meningkatnya volume kendaraan pada waktu yang sama berdampak pada kemacetan yang sangat luar biasa.

“Waktu tempuh Jakarta-Solo menjadi 45 jam. Jakarta-Yogyakarta 43 jam. Demikian juga waktu tempuh Jakarta-Semarang dan Jakarta-Surabaya yang harus dijalani dua kali lebih lama. Kondisi juga terjadi pada jalur pendek yang menderita kemacetan hebat antara lain jalur Sukabumi-Ciawi ditempuh dgn waktu 18 jam dan Bandung-Tasik ditempuh dengan waktu 10 jam,” papar Yudi.

Yudi menambahkan dari sisi keselamatan pun sangat memprihatinkan. Untuk transportasi laut, kejadian tenggelamnya KM Windu Karsa menjadi catatan buruk tahun ini. Untuk kecelakaan tol, yang menjadi perhatian adalah jalan tol Cipularang yang memakan korban jiwa cukup banyak, terutama saat arus balik.

“Data yang dikeluarkan Mabes Polri menunjukkan angka kecelakaan tahun ini mencapai 4.071 kejadian, meningkat tajam dari tahun sebelumnya yang hanya 2.625 kejadian,” demikian Yudi. (ysa/RMOL/hdn)

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
Avatar
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Buah Impor

Cina Masih Jadi Sumber Impor Nonmigas Pemerintah

Figure
Organization