Topic
Home / Berita / Nasional / Soal 1 Syawal, Pemerintah Tunggu Hasil Sidang Itsbat Hari Senin

Soal 1 Syawal, Pemerintah Tunggu Hasil Sidang Itsbat Hari Senin

Ilustrasi (wordpress.com/stmikbujombang)

dakwatuna.com – Pemerintah baru akan menetapkan kapan Lebaran setelah sidang itsbat yang akan digelar hari Senin (29/8) sore di kantor Kementerian Agama.

“Dalam sidang itu kita akan ambil keputusan,” kata Sekjen Kementerian Agama Bahrul Hayat kepada Rakyat Merdeka Online, Minggu malam (28/8).

Sidang ini, lanjutnya, akan dihadiri oleh semua ormas islam dan stakeholder lainnya. Di dalam sidang, akan dipaparkan hasil hisab dan rukyat yang telah dilakukan Badan Hisab Rukyat Kementerian Agama. Dalam penentuan ini, masih kata Bahrul, pemerintah berpegang pada fatwa ulama, yaitu harus berdasarkan hisab dan rukyat.

“Kita belum tahu lebaran kapan. Itu tergantung pada hasil sidang besok,” tukasnya.

Dia mengakui, dalam kalender yang diedarkan pemerintah, Lebaran jatuh pada hari Selasa. Namun, kalender itu hanya perkiraan. Untuk ketetapannya tergantung dari hasil sidang itsbat.

“Untuk masyarakat, tidak usah bingung. Bersabarnya, karena besok pemerintah akan umumkan. Apabila ada masyarakat yang Lebaran labih dulu dari penetapan pemerintah, kami harapkan menghormati masyarakat lain yang masih puasa,” tandasnya. (wid/Ujang Sunda/RMOL)

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (10 votes, average: 8.00 out of 5)
Loading...

Tentang

Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Buah Impor

Cina Masih Jadi Sumber Impor Nonmigas Pemerintah

Figure
Organization