Topic
Home / Berita / Nasional / IA-ITB Helat Pameran Seni Rupa Islam Kontemporer

IA-ITB Helat Pameran Seni Rupa Islam Kontemporer

dakwatuna.com – Alumni Institut Teknologi Bandung (ITB) yang tergabung dalam Ikatan Alumni ITB (IA-ITB) akan menggelar pameran Seni Rupa Islam Kontemporer. Acara yang dihelat selama 18 hari tersebut akan dibuka oleh Menteri Perekonomian (Menko) Hatta Rajasa yang juga merupakan Ketua Umum IA-ITB pada 27 Juli mendatang.

Pameran tersebut akan memuat karya-karya terbaik dalam kategori lukisan, patung, fotografi, video art, dan karya instalasi yang merupakan buah karya lebih dari 200 seniman di Indonesia.

Dalam pembukaan tersebut, terdapat sejumlah karya khusus yang berjudul Islamic Mihrab oleh Al-Ihsan Islamic Art serta Live Performing Jazz oleh sejumlah seniman ternama yang berkolaborasi dengan visual interactive dialogue oleh INTER-AKTA (Kelompok Inter-Media, Seni Rupa ITB)

Melalui pameran ini, IA-ITB berharap, mampu memberikan sebuah citra positif tentang seni rupa dan kesenian dalam pandangan Islam yang selama ini masih dipahami secara kontradiktif dalam pandangan beberapa kalangan.

Awalnya, acara ini merupakan strategi komunitas seniman muslim Indonesia terhadap masyarakat Internasional terkait penobatan Kota Jakarta sebagai salah satu Kota Islam Dunia oleh Organisasi Konferensi Islam (OKI). Kemudian, IA-ITB mengambil peran untuk mengangkat acara tersebut karena dianggap memiliki potensi besar namun belum digerakkan secara optimal.

Bagi kamu yang berminat untuk mengunjungi kegiatan ini, dapat mendatangi Galeri Nasional Indonesia, Jakarta pada Kamis, 28 Juli mendatang. (rhs/OZ)

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (3 votes, average: 10.00 out of 5)
Loading...

Tentang

Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Anggota DPR AS: Trump Picu Kebencian pada Islam di Amerika

Figure
Organization