Topic
Home / Berita / Pendemo Tuntut Pemerintah Sipil Bukan Militer

Pendemo Tuntut Pemerintah Sipil Bukan Militer

dakwatuna.com – Cairo, Massa di Tahrir Square gegap gempita menanti pidato Hosni Mubarak. Namun begitu mendengar militer yang bakal mengambil alih kekuasaan, mereka meneriakkan penolakan. “Sipil! Sipil! Bukan militer!”

Tapi tetap masih belum jelas benar apakah Mubarak akan mengumumkan pengunduran dirinya atau tidak. Seorang pejabat senior Amerika Serikat mengatakan kepada CNN bahwa Mubarak telah setuju untuk mengalihkan kekuasaan pada wakil presidennya.

Pejabat itu mengutip kontak peringkat tinggi dalam pemerintahan Mesir. Direktur CIA Leon Panetta mengatakan kepada Kongres AS bahwa  “Ada kemungkinan kuat bahwa mungkin Mubarak turun malam ini, yang akan menjadi signifikan dalam hal transisi yang tertib di Mesir terjadi.”

“Kami terus memantau situasi,” kata Panetta. “Saya tidak tahu secara khusus mengenai bagaimana hal ini akan bekerja tapi saya akan berasumsi bahwa dia akan menyerahkan lebih banyak kekuasaan untuk Suleiman untuk mengarahkan negara dan mengarahkan reformasi yang diharapkan akan terjadi.”

konstitusi Mesir, bagaimanapun, mengamanatkan bahwa jika presiden mundur, ketua parlemen yang mengambil alih kekuasaan, bukan wakil presiden. (RoL/ut)

Redaktur: Ulis Tofa, Lc

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (3 votes, average: 10.00 out of 5)
Loading...

Tentang

Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Konflik Air Antara Ethiopia, Sudan, dan Mesir

Figure
Organization