Topic
Home / Berita / Ulama Mekah: Demo Mesir Sah

Ulama Mekah: Demo Mesir Sah

dakwatuna.com – Mekah, Dr. Jamal Abdul Hadi, Guru Besar Sejarah Islam Universitas Ummul Qura Mekkah, menegaskan bahwa aksi yang di organisir para pemuda mulai tanggal 25 Januari lalu dan berlangsung hingga lengsernya Mubarak adalah  legal, tidak termasuk kategori menyelisihi atau berontak terhadap penguasa.
Hal tersebut disampaikan menanggapi tuduhan seorang dai salafi, Muhammad Hussein Ya’qub, yang menyatakan bahwa revolusi para pemuda merupakan tindakan pemberontakan dan menyelisihi pemimpin yang sedang berkuasa.

Dr. Jamal menjelaskan, bahwa revolusi pemuda merupakan salah satu bentuk jihad, yaitu jihad bil lisan. Disamping itu, aksi tersebut legal dan sah, serta dapat kita temukan dalam sejarah islam. Sebagai contoh adalah Al Izz bin Abdus Salam, seorang ulama yang merebut kekuasaan dari seorang penguasa yang zalim, Demikian pula yang terjadi pada Hajjaj bin Yusuf Ats Tsaqofi.
Dalam penjelasannya beliau menyampaikan, bahwa tindakan para pemuda yang mempelopori revolusi tersebut berawal dari amar ma’ruf nahi munkar. Ia adalah Jihad bil Lisan yang mampu dilakukan oleh para pemuda. Revolusi tersebut clean (bersih), tidak ada kekerasan dan tidak ada pengrusakan, Bahkan mereka tidak keluar dari akhlak islam. (io/mi/ut)

Redaktur: Ulis Tofa, Lc

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (15 votes, average: 9,27 out of 5)
Loading...
Avatar
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Mursyid Ikhwanul Muslimin Divonis Hukuman Seumur Hidup

Figure
Organization