Topic
Home / Berita / Hidayat: Waspadai Pihak Ketiga Yang Ingin Adu Domba Indonesia – Malaysia

Hidayat: Waspadai Pihak Ketiga Yang Ingin Adu Domba Indonesia – Malaysia

dakwatuna.com – Jakarta. Hubungan Indonesia-Malaysia yang belakangan kembali memanas ditenggarai akibat ulah adu domba pihak luar yang ingin merusak kedekatan dua negara serumpun. Pasalnya Indonesia dan Malaysia adalah dua negara besar di Asia Tenggara yang bila potensinya disatukan akan sangat memperkuat ASEAN. “Bisa saja ada pihak tertentu yang tidak suka dengan hal itu,” kata Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid di sela-sela acara Buka Puasa Bersama di kediamannya, JL Widya Chandra Jakarta Selatan, Sabtu (29/8).

Seperti diketahui beberapa waktu lalu pihak Malaysia secara sepihak mengklaim tari pendet sebagai salah satu objek wisatanya meski pada akhirnya hal itu diralat. Peristiwa itu disusul dengan munculnya lagu Indonesia raya yang diubah di internet. Tak lama berselang, Indonesia pun mengklaim bahwa lagu kebangsaan Malaysia merupakan hasil jiplakan karya seniman asli Indoneisa.

Menanggapi semua itu, Hidayat menghimbau agar masyarakat Indonesia lebih mewaspadai adanya upaya pihak-pihak tertentu yang ingin mengadu domba. Mayarakat diminta uuntuk jernih menyikapi segala hal yang bersifat profokatif. Mantan presiden PKS itu juga menyerukan agar masalah Indonesia-Malaysia diselesaikan dengan cara yang baik.

“Ya, memang ini satu hal yang harus dituntaskan dengan cara duduk bersama baik antara Indonesia dan Malaysia. Karena situs yang memuat Iklan Enigmatic Malaysia itu berada di luar Indonesia. Apakah memang ada pihak ketiga yang ingin adu domba antara Indonesia-Malaysia agar tidak pernah akur?” jelasnya.

Terkait masalah klaim tari pendet dan lagu Indonesia yang diubah, Hidayat meminta Pemerintah Malaysia mengklarifikasinya segera. “Penting bagi Malaysia untuk lebih proaktif terkait masalah ini, jangan menunggu Indonesia untuk bersabar tidak terprovokasi. Harusnya Malaysia selesaikan ini sebelum orang lain terprovokasi,” pungkasnya. (fpks)

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (14 votes, average: 9.79 out of 5)
Loading...

Tentang

Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Bom Teror, DPR: Negara Harus Melindung Keselamatan Rakyatnya

Figure
Organization