Home / Berita / 1 Syawal Ujian Kebersamaan Umat

1 Syawal Ujian Kebersamaan Umat

dakwatuna.com – Umat muslim di belahan manapun, tak terkecuali di Indonesia, mengharapkan adanya kesamaan dalam menentukan 1 Syawal 1429 H, sebagaimana kesamaan dalam menentukan 1 Ramadhan yang lalu. Terutama kesamaan dalam satu negara.

Salah satu ormas terbesar di Indonesia, Nahdlatul Ulama sudah menyatakan komitmen untuk menuggu hasil sidang itsbat Pemerintah secara resmi. Tentu langkah ini patut diikuti oleh semua ormas Islam, terutama ulama dan tokoh Islam di nusantara ini, demi kesatuan dan persatuan umat muslim.

Dalam pernyataannya, Nahdlatul Ulama (NU) berharap Idul Fitri 1429 H dirayakan serentak bersamaan oleh seluruh umat Islam. Hal itu didasarkan karena NU memulai 1 Ramadhan lalu secara bersamaan pula dengan organisasi kemasyarakatan Islam lainnya, seperti halnya Muhammadiyah.

Harapan tersebut diungkapkan Ketua Lajnah Falakiyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), KH Ghazalie Masroerie, di Kantor PBNU, Jakarta, Kamis (25/9).

Jika awal Ramadhan lalu dilakukan bersamaan, diharapkan penetapan 1 syawal juga bersamaan.

Karena itu, meski sudah dapat menentukan 1 Syawal 1429 H melalui metode hisab (perhitungan astronomis), NU masih akan menunggu proses sidang itsbat (penentuan) dengan pemerintah. Setelah itu, baru akan diumumkan kepastian Hari Raya Idul Fitri tahun ini.

“Untuk menciptakan ketenangan bagi umat Islam, NU tidak segera mengumumkan sikapnya tentang kepastian Idul Fitri 1429 H. Sesudah itsbat pemerintah, kemudian NU mengumumkan,” jelas Kiai Ghazalie.

Ia mengatakan, NU dan organisasi kemasyarakatan Islam lainnya bersama Departemen Agama, akan melaksanakan sidang itsbat yang diawali rukyatul hilal terlebih dahulu. Rukyatul hilal dilakukan pada 29 September 2008.

Proses tersebut diselenggarakan di 55 lokasi strategis di seluruh Indonesia. 99 pelaksana rukyat nasional bersertifikat dan para ulama ahli rukyat serta ahli hisab telah dipersiapkan. “Rukyat ini sekaligus menjadi sarana koreksi atas hitungan hisab,” tandasnya (beberapa sumber)

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (2 votes, average: 3,00 out of 5)
Loading...
Avatar
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Turki, Rusia, dan Iran Komitmen pada Keutuhan Suriah

Organization