Topic
Home / Berita / Acara Kuis Channel TV “Islam” Di Inggris

Acara Kuis Channel TV “Islam” Di Inggris

dakwatuna.com – Kelompok Yahudi bertanding dengan kelompok Muslim, Para Robi berlomba dengan Tokoh Masehi, kelompok Hindu menghadapi orang Budha. Itulah acara yang akan ditayangkan dalam wakttu dekat, kuis pengetahuan dan wawasan yang disiarkan oleh “Channel Islam” di Inggris.

Acara ini diselenggarakan dengan target menguatkan dialog antar pemeluk agama, sekaligus sebagai usaha untuk saling kenal satu dengan yang lain.

Rangkaian atau serial kuis yang bertemakan “Bagian dari Iman”, mendapat komentar dari surat kabar Inggris “The Guardian”, “Teroboan acara semisal kuis ini merupakan model pertama kali diselenggarakan di masyarakat Inggris, yang mencakup wawasan dan agama yang beragam.”

The Guardian menambahkan, “Bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah dalam rangka menguatkan ikatan baik antar agama-agama yang berbeda, mengedepankan saling menghormati, dan saling kenal di antara mereka.”

Abrar Husain, Penggasas acara kuis ini mengatakan, “Acara ini tidak sebatas konteks wawasan tertentu, bukan untuk katagori umur tertentu, karena kami hidup di tengah-tengah masyarakat yang plural, beragam agama, dank arena itu kami cari pengetahuan dan kesepahaman.”

Abrar Husain, yang kreatif membuat acara-acara TV bernuansa Islam melanjutkan, “Kuis ini menjadi sarana efektif untuk mengetahui wawasan keilmuan atau mengingatkan kembali pelajaran yang pernah didapatkan dibangku sekolah, yang sekarang mulai dilupakan. Dengan kuis ini kami ingin memecahkan masalah keilmuan dan wawasan.”

“Kami akan belajar, dan semua akan belajar tentang sisi-sisi kesamaan dan kedekatan agama-agama yang ada, dengan meminimalisir perbedaan-perbedaan… Saya tahu sedikit tentang agama masehi, dan pada waktu yang sama mungkin saya tidak tahu sama sekali tentang agama Yahudi.”

Denga tertawa Husain menambahkan, “Hadiah memang tidak seberapa, akan tetapi sangat memotivasi… kami berharap dari acara ini ada sesuatu yang jauh lebih berharga. Dan yang lebih penting bukan hadiahnya, namun keterlibatan dan kebersamaan jauh lebih kami harapkan.”

Muslim Inggris Tercepat

Panitia kuis menyebutkan, bahwa peserta acara ini dipilih mana yang paling luas dan paling pintar tingkat wawasan dan pengetahuan, dengan cara seleksi para pendaftar.

Panitia juga menambahkan, penilaian secara respon langsung, seperti setiap peserta datang ke stasiun TV. Dan ternyata kaum muslimin di Inggris tercepat dan terbanyak yang datang mendaftar.

Setiap kelompok terdiri dari empat orang, kuis dimulai dengan lomba secara berkelompok untuk menentukan siap yang lebih besar nilai dalam tahap pertama ini, pemenangnya mendapatkan hadiah uang-materi, selanjutnya dengan cara perwakilan dari masing-masing kelompok dan seterusnya. Kuis ini didesain sangat menarik dengan menghadirkan tokoh komedi.

Pertanyaan-pertanyaan seputar realiatas kehidupan para peserta, pertanyaan khusus tentang agama mereka. Dalam soal ini, tentu menjadi kesempatan yang tepat untuk mengenalkan agama mereka kepada yang lain, pertanyaan seputar tokoh-tokoh agama.

Kuis berlangsung dengan menggunakan beberapa setting tempat yang berbeda, pencahayaan, tempat duduk peserta, penonton dan para pendukung masing-masing. (io/ut)

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (11 votes, average: 7.27 out of 5)
Loading...

Tentang

Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Inggris Kecam Rencana Pencaplokan Tepi Barat oleh Israel

Figure
Organization