Home / Berita / Nasional / Ridwan Kamil: Jangan Sibuk Mengurusi Kolom Agama di KTP, Itu Sifatnya Simbolik Saja

Ridwan Kamil: Jangan Sibuk Mengurusi Kolom Agama di KTP, Itu Sifatnya Simbolik Saja

Walikota Bandung, Ridwan Kamil. (wartabuana.com)
Walikota Bandung, Ridwan Kamil. (wartabuana.com)

dakwatuna.com – Jakarta.  Wacana yang digulirkan Mendagri Tjahyo Kumolo untuk mengosongkan kolom agama pada KTP terus menuai pro dan kontra ditengah-tengah masyarakat.

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengatakan, sebaiknya masyarakat tidak sibuk mengurusi urusan simbolik seperti pengosongan kolom agama di kartu tanda penduduk (KTP), karena yang menjadi poin penting adalah bagaimana mengembangkan toleransi antar umat beragama.

“Sebenarnya ya kita ini sibuk yang sifatnya simbolik. Sebenarnya ada atau nggak ada (pengosongan kolom agama), berpengaruh nggak ke kehidupan toleransi, ke dalam kemajuan bangsa,” ujar Ridwan Kamil seusai menjadi pembicara dalam diskusi bertajuk ‘Dialog Demokrasi: Dari Daerah untuk Indonesia’ untuk memperingati HUT The Habibie Center ke-15, di Jakarta, Selasa (12/11) malam WIB.

Dia mengatakan masyarakat jangan terlampau sibuk mengurusi kosmetik atau penampakan bagian luar suatu hal, melainkan harus berpikir cara mengembangkan nilai-nilai utama seperti toleransi, kemajuan dan kebudayaan. “Jangan energi habis hanya membahas isi penampakannya saja,” ujarnya.

Dia mengatakan, di Bandung terdapat kepercayaan Sunda Wiwitan. Menurut dia, selama hal itu menjadi suatu keyakinan dan tidak merugikan maka tidak ada masalah.

Ridwan sendiri mengaku tetap akan mengisi kolom agama di kartu tanda penduduk miliknya sesuai agama yang dianutnya yakni Islam. Namun dia meminta pengosongan atau pengisian kolom agama tidak terlalu menjadi urusan yang berlarut-larut.

Pemerintah melalui Kementerian Dalam Negeri membebaskan masyarakat yang memiliki kepercayaan di luar agama yang dijamin pemerintah, untuk mengosongkan kolom agama di KTP-nya. Hal ini banyak menuai komentar dari berbagai pihak.  (ROL/sbb/dakwatuna)

 

About these ads

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (3 votes, average: 2,33 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Tentang

Saiful Bahri
Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Sepak Bola. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.

Lihat Juga

Ho Tjing Haow (spesial)

Alm. Ho Tjing Hauw: Menjemput Hidayah di Ujung Kehidupan (In Memoriam)