Home / Berita / Internasional / Asia / Korban Pemerkosaan yang Dihukum Mati di Iran Karena Membunuh Pemerkosanya Adalah Wanita Sunni

Korban Pemerkosaan yang Dihukum Mati di Iran Karena Membunuh Pemerkosanya Adalah Wanita Sunni

Reyhaneh Jabbari. (lisadaftari.com)
Reyhaneh Jabbari. (lisadaftari.com)

dakwatuna.com – Teheran. Pelapor khusus PBB di Iran, Ahmed Shaheed, mengungkapkan kekecewaannya terhadap terjadinya eksekusi mati seorang gadis Iran, Reyhaneh Jabbari, Sabtu yang lalu. Beliau meragukan integritas pengadilan Iran.

Pemerintah Iran melaksanakan eksekusi mati terhadap Reyhaneh Jabbari (26 tahun) karena membunuh orang yang berusaha memperkosanya. Sebab pembunuhan inilah yang akhirnya membuat masyarakat dunia memprotes vonis yang dijatuhkan.

Laki-laki yang dibunuh adalah seorang dokter bedah bernama Morteza Abdolali Sarbandi. Sarbandi pernah bekerja di departemen intelijen Iran. Karena peristiwa itulah, Reyhaneh yang menurut Aljazeera.net, Selasa (28/10/2014) adalah seorang wanita Sunni, dijatuhi vonis mati pada tahun 2007.

Pengadilan itu, menurut lembaga HAM Amnesty International, tidak mempunyai integritas dan mencoreng perlindungan HAM di Iran. (msa/dakwatuna)

 

About these ads

Redaktur: M Sofwan

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (1 votes, average: 10,00 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Tentang

M Sofwan
Ketua Studi Informasi Alam Islami (SINAI) periode 2000-2003, Kairo-Mesir

Lihat Juga

Urgensi Judicial Review Pasal Perzinaan, Perkosaan, dan Perbuatan Cabul Sesama Jenis Dalam KUHP