Home / Berita / Agenda Umat / Ramadhan Great Meeting (Ragam)

Ramadhan Great Meeting (Ragam)

agenda-umat-RAGAM

dakwatuna.com Ramadhan Great Meeting adalah salah satu program Ramadhan yang diselenggarakan oleh Panitia Pelaksan Program Ramadhan (P3R) 1435 H Masjid Salman ITB. Program ini bertujuan untuk menginspirasi masyarakat berdasarkan keteladan tokoh. Tema tahun ini adalah “Peran Teknologi terhadap Kemakmuran Umat”.

Ragam adalah acara tahunan yang rutin diadakan oleh P3R Masjid Salman ITB. Dari tahun ke tahun, acara ini selalu menyedot perhatian secara massive. Besarnya animo masyarakat umum dikarenakan tema yang dibahas dekat dengan masyarakat dan berlandaskan pandangan Islam.

Ragam kali ini dilaksanakan pada Minggu (6 Juli 2014 M/8 Ramadhan 1435 H) bertempat di Aula Barat Kampus ITB Ganesha. Acara ini dimulai pada pukul 7.30 hingga pukul 15.30 WIB. P3R 1435 H menargetkan sejumlah 1000 peserta pada hari itu, tidak hanya civitas academica ITB, tetapi juga masyarakat umum.

Pada sesi pertama, pembicara yang dihadirkan adalah Prof. Dr. Ir. KH. Mohammad Nuh, DEA (Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI) dengan dimoderatori Ridwansyah Yusuf Achmad, S.T., M.A. (Presiden KM-ITB 2009/2010| Co-Founder Bandung Strategic Leadership Forum).  Prof. Dr. Ir. KH. Mohammad Nuh, DEA. menjelaskan tentang “Korelasi Kemajuan Teknologi denan Kejayaan Islam dan Kondisi Saat Ini”.

Selanjutnya, pembicara pada sesi kedua adalah Budi Rahardjo, M.Sc., Ph.D. (IT Expert) dan Dr. Ir. Agung Harsoyo, M.Sc., M.Eng. (Pakar Digital) dengan dimoderatori oleh Hafidz Alhaq Fatih (Head of Gamais ITB’s Shura Council). Seminar kali ini membicarakan “Penggunaan IT secara Produktif dan Kreatif”.

Pembicara terakhir adalah Prof. Hermawan K. Dipojono, Ph.D. (Direktorat Kelembagaan dan Kerjasama Dirjen Dikti). Beliau yang juga merupakan Ketua Asosiasi Masjid Kampus Indonesia menyampaikan materi tentang “Memajukan dan Memakmurkan Bangsa dengan Teknologi”.

Acara Ragam juga diramaikan oleh special performance dari Teater Menara Salman dengan lakon “Bocoran dari Sidang Parlemen Setan”.

Tentang P3R 1435 H Masjid Salman ITB

P3R  (Panitia Pelaksana Program Ramadhan) mengadakan rangkaian acara besar tahunan yang diselenggarakan oleh Masjid Salman ITB yang diperuntukkan bagi seluruh komponen jamaah Masjid Salman ITB yang terdiri dari anak-anak, pelajar SMA/sederajat, mahasiswa, serta masyarakat sekitar Masjid Salman ITB pada khususnya dan indonesia pada umumnya. Tema kegiatan dari P3R tahun ini adalah “Ramadhan Sejuta Inspirasi”. Tagline kegiatan ini adalah “Mari Berbagi dan Sempurnakan Amalmu dengan Semangat Ramadhan”

Masjid Salman ITB, sebagai masjid kampus pertama di Indonesia dengan segala keberagamannya yang mencerminkan tanah air ini, memiliki potensi besar untuk menyatukan Indonesia, menjadi pusat pergerakan masjid kampus di Indonesia, demi tercapainya visi Salman yaitu mewujudkan masyarakat yang berperadaban Islam. Momentum bulan suci Ramadhan pun tiba dan dapat menjadi sebuah pijakan kuat akan lahirnya inspirasi-inspirasi baru yang bernafaskan Islam di Indonesia. Dengan tema ”Ramadhan Sejuta Inspirasi”, Panitia Pelaksana Program Ramadhan 1435 H bermaksud mengajak seluruh elemen masyarakat untuk menjadi inspirasi bagi orang-orang di sekitarnya dengan senantiasa meningkatkan kualitas ruhiyah dan kuantitas ibadahnya di bulan Ramadhan.

Berikut ini adalah tujuan diadakannya kegiatan ini:

  1. memberikan pelayanan persiapan ruhiyah dalam menyambut Bulan Ramadhan dan meningkatan kualitas ruhiyah, fikriyah, dan kuantitas ibadah selama Bulan Ramadhan bagi jamaah masjid Salman, masyarakat sekitar, dan mahasiswa khususnya di Bandung dan umumnya di Indonesia,
  2. memfasilitasi jamaah masjid Salman ITB untuk beribadah di bulan Ramadhan,
  3. mempererat ukhuwah islamiyah antar-komponen masjid salman dan antar masjid kampus di Indonesia,
  4. memberikan inspirasi kepada seluruh elemen masyarakat untuk terus meningkatkan kualitas diri dan ibadah serta menjadi inspirasi bagi orang-orang di sekitarnya.

About these ads

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Tentang

Lihat Juga

Ilustrasi. (huffingtonpost.com)

Muhasabah Ramadhan