Home / Berita / Internasional / Asia / Singgasana Balqis, Queen of Sheba, Saat Ini

Singgasana Balqis, Queen of Sheba, Saat Ini

Singgasana Ratu Balqis (rooyl.com)
Singgasana Ratu Balqis (rooyl.com)

dakwatuna.com – Maareb. Sekitar 170 km dari ibukota Shan’a, terdapat sebuah kota Maareb, ibukota kedua kerajaan Saba’ yang disebutkan dalam Al-Qur’an. Bahkan menjadi nama salah satu surat di dalamnya, Surat Saba’.

Di sana juga terdapat istana Balqis, yang merupakan situs sejarah paling bernilai di Yaman. Namun kini situs ini seakan menjadi harta karun yang ditinggalkan orang. Sangat jarang turis datang ke tempat ini lantaran kondisi keamanan yang tidak stabil.

Istana Balqis yang menurut para ahli sejarah dibangun oleh Ratu Balqis 1000 SM, terkubur pasir hingga tahun 1988. Saat itu sebuah tim arkeologi asing berhasil menemukan adanya peninggalan sejarah yang sangat indah di sana.

Singgasana Balqis ini telah mengalami renovasi beberapa kali antara tahun 1997 hinga 2000. Renovasi dilakukan oleh Institut Arkeologi Jerman. Hingga sampai berbentuk seperti saat ini.

Hingga beberapa waktu yang lalu, singgasana Balqis ini masih menjadi objek wisata yang banyak dikunjungi wisatawan, baik dari dalam maupun luar negeri. Namun karena kondisi keamanan Yaman yang tidak menentu, kedatangan wisatawan semakin jarang.

Terutama setelah kejadian ledakan yang menarget sebuah rombongan wisatawan dari Spanyol yang menewaskan 8 orang. Saat ini situs ini tak ubahnya seperti reruntuhan bangunan, hanya dikunjungi segelintir wisatawan dalam negeri. (msa/dakwatuna)

About these ads

Redaktur: M Sofwan

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (7 votes, average: 7,29 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Tentang

M Sofwan
Ketua Studi Informasi Alam Islami (SINAI) periode 2000-2003, Kairo-Mesir

Lihat Juga

Pasar Merespons Positif Aksi Damai Bela Al-Quran 4 November