Home / Berita / Internasional / Asia / KTT Negara-negara Berbahasa Turki

KTT Negara-negara Berbahasa Turki

Di antara presiden yang hadir dalam KTT (Anadolu)
Di antara presiden yang hadir dalam KTT (Anadolu)

dakwatuna.com – Ankara. Para kepala negara-negara berbahasa Turki telah memulai konferensinya hari ini, Rabu (4/6/2014) di kota Bodrum, barat Turki. KTT yang disponsori Presiden Abdullah Gul ini akan berlangsung hingga besok.

Menurut keterangan media kepresidenan, yang hadir dalam acara ini adalah presiden Azerbaijan (Ilham Aliyev), presiden Kazakhstan (Nursultan Nazarbayev), dan presiden Kirgizstan (Almazbek Atambayev).

Sedangkan presiden Turkmenistan (Gurbanguly Berdymukhamedov) akan menjadi tamu dalam KTT. Kehadiran Berdymukhamedov adalah atas undangan Abdullah Gul, karena beliau sedang melakukan kunjungan tiga hari di Turki.

Konferensi negara-negara yang tergabung dalam ‘Majelis Turki’ ini, akan diawali dengan pertemuan tingkat menteri luar negeri yang akan dilangsungkan hari ini. Adapun pertemuan kepresidenan akan dilakukan Kamis besok. Pertemuan ini bertujuan untuk meningkatkan kerja sama antar negara anggota, selain untuk memperkuat nilai-nilai sejarah dan kebudayaan mereka yang sama.

Konferensi ini juga dirasa penting karena bisa meningkatkan tingkat perekonomian negara-negara anggota mengingat saat ini Turki sedang mengalami pertumbuhan ekonomi yang sangat pesat.

Ada tujuh negara yang menjadikan bahasa Turki sebagai bahasa resmi pertamanya, yaitu Turki, Azerbaijan, Siprus Utara, Turkmenistan, Uzbekistan, Kirgizstan, dan Kazakhstan. (msa/dakwatuna/anadolu)

About these ads

Redaktur: M Sofwan

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (1 votes, average: 10,00 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Tentang

M Sofwan
Ketua Studi Informasi Alam Islami (SINAI) periode 2000-2003, Kairo-Mesir

Lihat Juga

Erdogan Kembali Kecam As-Sisi, Hubungan Mesir-Turki Kian Menegang