Topic
Home / Berita / Internasional / Asia / Erdogan: Partai Memerintah di Turki Model untuk Negara Muslim

Erdogan: Partai Memerintah di Turki Model untuk Negara Muslim

Perdana Menteri Turki Recep Tayyib Erdogan saat Kongres Partai Keadilan dan Pembangunan (AKP), Ahad (30/9/2012). (hurriyetdailynews.com)

dakwatuna.com – Perdana Menteri Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan partai yang memerintah di Turki merupakan model yang pantas diikuti di negara-negara Muslim.

Erdogan mengatakan hal itu dalam kongres AKP (Partai Keadilan dan Pembangunan), partai yang mendominasi di Turki dalam 10 tahun terakhir.

Presiden Mesir Muhammad Mursi dan Kyrgyzstan, Almazbek Atambayev, termasuk tamu yang hadir dalam kongres di Ankara itu.

Khaled Meshall, pemimpin oposisi kelompok Palestina Hamas yang tinggal di pengasingan, mengatakan dalam kongres bahwa partai itu menunjukkan “wajah cerah Islam.”

“Erdogan, Anda tidak hanya pemimpin Turki namun juga pemimpin di dunia Muslim juga,” katanya.

Partai AKP menang dalam tiga pemilihan berturut-turut sejak 2002, dan mengakhiri sejarah kudeta militer dan koalisi rentan pemerintah.

“Bangsa besar harus kerja siang dan malam. Saya siap kerja siang-malam untuk kejayaan. Jika saya mati, kuburkan saya dengan pakaian putih. Semoga saya syahid”, kata Erdogan dalam Kongres tersebut.

Peranan menonjol di Timur Tengah

Partai yang memerintah ini mengangkat pertumbuhan ekonomi serta kebijakan luar negeri yang lebih jelas. Namun sejumlah kritikus menuduh Erdogan memiliki gaya politik yang konfrontasional.

“Kami menyebut diri kami demokrat konservatif,” kata Erdogan dalam kongres hari Minggu (30/09).

“Kami pusatkan perubahan pada hak asasi dan kebebasan. Posisi ini telah dilihat di luar perbatasan negara kami dan menjadi contoh oleh semua negara Muslim,” tambahnya.

Wartawan BBC James Reynolds yang berada di kongres itu mengatakan Erdogan berpidato selama lebih dari dua jam.

Memimpin Turki tidak cukup bagi Erdogan, kata Reynolds, karena ia ingin negaranya memiliki peranan menonjol di seluruh Timur Tengah. (BBC-Indonesia/tribunnews/hdn)

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (8 votes, average: 9.50 out of 5)
Loading...

Tentang

Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Ini Alasan Turki Beli Sistem Pertahanan dari Rusia

Figure
Organization