Home / Berita / Nasional / MUI Belum Tahu Kalau Cadbury Mengandung DNA Babi

MUI Belum Tahu Kalau Cadbury Mengandung DNA Babi

Cadbury Dairy Milk Hazelnut, Salahsatu coklat Cadbury yang mengandung Enzim Babi dan beredar di Malaysia - (ceritasemasa.com)
Cadbury Dairy Milk Hazelnut, Salahsatu coklat Cadbury yang mengandung Enzim Babi dan beredar di Malaysia – (ceritasemasa.com)

dakwatuna.com – Jakarta. Ditemukannya kandungan DNA babi dalam dua produk coklat Cadbury jenis Cadbury Dairy Milk Hazelnut dan Cadbury Dairy Milk Roast Almond oleh kementerian kesehatan Malaysia membuat banyak fihak bertanya-tanya, bagaimana dengan Coklat Cakbury yang beredar di Indonesia?

Hal ini wajar, mengingat coklat Cadbury bukan hanya beredar di Malaysia tetapi banyak juga beredar di supermarket dan pusat perbelanjaan di Indonesia.

Ketika dihubungi media, Sekretaris Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia, Ahmad Syatori Ismail mengatakan belum mau berkomentar banyak tentang kehalalan produk coklat Cadbury yang beredar di Indonesia.
“Saya belum tahu dan belum meneliti kandungannya. Saya tak mau salah ngomong,” kata Ahmad dikutip dari Tempo pada Rabu pagi, 28 Mei 2014.

Ahmad mengatakan hingga saat ini belum ada langkah yang dilakukan MUI untuk memastikan kehalalan coklat Cadbury Indonesia.

Pernyataan senada juga disampaikan Cholil Ridwan, Ketua Majelis Ulama Indonesia pusat. Cholil yang dihubungi mengatakan hingga saat ini belum ada laporan tentang kandungan babi dalam coklat Cadbury Indonesia. Menurut Cholil, saat ini memang banyak beredar produk makanan non-halal di berbagai supermarket Indonesia.

Cholil menilai kesalahan pada pemerintah yang tidak mengambil langkah tegas atas peredaran produk non-halal ini. “Lemah sekali controlling pemerintah atas produk non-halal,” ujar Cholil.

Menurut Cholil, MUI hanya berwenang mengeluarkan sertifikasi halal, namun pengawasannya ada di bawah tanggung jawab pemerintah. “Hingga saat ini undang-undang tentang jaminan produk halal saja belum juga disahkan,” kata dia. (sbb/dakwatuna)

 

About these ads

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Tentang

Saiful Bahri
Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Sepak Bola. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.

Lihat Juga

Ilustrasi. (change.org)

SNH: Lamban Tangani Kasus Penistaan, Polisi Diujung Tanduk

Organization